Beranda Review

[REVIEW] Nebengers, Mencari Teman Sambil Mengurangi Kemacetan

140
1

Sebagian dari pembaca @GadgetGaul tentu mengenal istilah nebeng. Nebeng adalah sebuah istilah yang digunakan oleh orang-orang yang “ikut numpang”, entah itu numpang makan, numpang naik kendaraan atau numpang mandi. Biasanya, istilah nebeng ini paling sering digunakan untuk berpergian.

Di Indonesia, terdapat sebuah komunitas yang menamakan dirinya Nebengers. Komunitas ini memiliki satu kebiasaan yang unik yaitu mereka akan memberikan tumpangan, atau malah mencari sebuah tumpangan ketika dirinya ingin pergi ke suatu tempat. Ada banyak sisi positif yang bisa diambil dari aktivitas semacam ini, salah satunya adalah utnuk mengurangi kemacetan karena volume kendaraan otomatis akan berkurang.

Twittertwitter @nebengers

Pada awalnya Nebengers hanya tersedia di Twitter saja, tetapi Putri Sentanu selaku co-founder dan CEO Nebengers mengatakan kalau kita mencari tebengan dengan akun Twitter yang menggunakan hashtag bertebengan, itu akan banyak sekali dan sulit mendapatkan tumpangan.

Kadang juga yang keluar justru yang mencari tebengan di Jakarta dengan destinasi keluar, contohnya ke Bandung. Hal tersebut tentunya tidak nyambung dan kurang efektif.

PhotoGrid_1460701648193

Karena alasan itulah sekarang Nebengers sudah ada aplikasi mobile-nya. Aplikasi Nebengers sendiri dikembangkan oleh PT. Suitmedia Kreasi Indonesia. Untuk dapat menggunakannya, Gadgeteers harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Bila tidak ingin ribet, Gadgeteers bisa melakukan sinkronisasi dengan akun Twitter atau Facebook. Setelah hal yang paling dasar tersebut selesai dilakukan, Gadgeteers bisa mulai mencari tebengan. Pada menu utama kita bisa melihat beberapa rute favorit. Yang paling favorit sih biasanya antar kota, seperti contohnya Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

PhotoGrid_1460701669560

Selain mencari orang yang bisa ditebengi, Gadgeteers pun bisa memberikan tebengan. Letak awal dan tujuannya pun jelas dibebaskan sesuai kebutuhan. Menariknya untuk memberikan penawaran tebengan ini, pengguna hanya bisa melakukannya minimal 1 Jam sebelum keberangkatan.

Topik Hot Lainnya:   Go-Jek Bersiap Garap Logistik Lewat Layanan Go-Box

Jangan lupa, dalam informasi tambahannya cantumkan juga kejelasan kendaraan Gadgeteers, apakah itu motor atau mobil, serta berapa kursi yang kosong dan terakhir apakah mereka harus bayar atau gratis.

PhotoGrid_1460701734213

Untuk masalah keamanan, entah itu Gadgeteers sebagai pemberi tebengan atau pencari tebengan. Keduanya harus memiliki akun Nebengers. Selain memiliki akun, Gadgeteers pun harus memberikan kejelasan informasi identitas, seperti nomor KTP, SIM, Paspor, dan lain sebagainya. Aplikasi ini pun menyediakan fitur review. Sehingga kita bisa tahu apakah orang pemberi tebengan tersebut recommended atau tidak.

Dari beberapa pengguna Nebengers ada yang mengeluhkan kesalahan-kesalahan seperti bug dan error. Yang mungkin Gadgeteers dapatkan adalah bug pada notifikasi. Kadang notifikasi dari aplikasi ini tidak muncul, atau malah muncul tetapi tidak dapat dibuka (menghilang).

So far, Nebengers merupakan salah satu aplikasi yang menarik untuk digunakan. Selain menarik, aplikasi ini pun dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi masalah kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Nebengers mendapatkan nilai 90 dari skala 10 sampai 100.

Nebengers tersedia untuk mereka pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini gratis, untuk pengguna Android bisa mengunduhnya di Google Play Store dan untuk pengguna iOS bisa mengunduhnya di App Store.

diedit oleh WN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 14 =