Beranda Review

Review OPPO F1s Indonesia

101
0

Belum genap setahun F1 dan F1 Plus rilis, OPPO kembali hadirkan “ Selfie Expert” baru  di Indonesia. Hmm… se-expert apa sih selfie dan fitur-fitur lain smartphone ini? Saya Arya dari @GadgetGaul dan inilah review Oppo F1s.

Bukankah beberapa waktu yang lalu OPPO juga rilis penerus F1 yang dinamai F1 Plus? F1s ini siapanya F1 Plus? F1s ini pengganti F1 yang sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia.

Kalau melihat desainnya, F1s mirip sekali dengan F1 Plus karena keduanya sama-sama mengusung layar 5.5-inci dan tombol home fisik yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Bodi belakang sampe frame-nya dibalut dengan bahan metal halus yang sangat lembut saat dipegang. Begitu lembutnya malah jadi licin. Buat jaga-jaga, Gadgeteers bisa pasangkan silicon case bawaannya. Tapi kalau pakai sillicon case bodi metalnya malah tidak terlihat cakep ya? Menurutmu, lebih baik dipakaikan silicon case atau tidak perlu?

Desain-OPPO-F1s-GG

Sekeliling frame-nya dibalut chamfered edge yang buat F1s dengan desain unibodi ini makin terlilhat keren. Penempatan tombol power dan volume juga mudah dijangkau meski dimensinya terbilang bongsor. Tombol kapasitif back dan recent apps cukup responsif, lengkap dengan backlight yang cukup terang. Di bagian bawah bodi, Gadgeteers bisa menemukan lubang speaker yang ditemani dengan port jack audio 3.5mm. Di sisi kanan ada slot SIM yang bisa diisi dua SIM bertipe nano + microSD. Bukan hybrid jadi kamu bisa pake dua slot SIM bersama dengan microSD-nya sekaligus. Bagian depan tidak ada yang spesial seperti smartphone Tiongkok kebanyakan. Overall, dari segi desain dan build quality, saya akui OPPO F1s ini keren.

Karena banderolnya di bawah F1 Plus, tentu ada beberapa spesifikasi yang dibonsai di F1s ini, salah satunya layar. Ukuran memang sama-sama 5.5-inci tapi resolusinya hanya HD 720p dengan kerapatan pixel 276ppi. Memang tidak serapat layar 1080p namun tampilan layar IPS ini masih cukup tajam dan terlihat jelas jika dilihat dari samping sekali pun. Bagaimana pas digunakan di bawah terik sinar matahari? Masih cukup nyaman dilihat kok. O iya, layar 2.5D glass yang dukung hingga 10 titik sentuhan ini dilapisi kaca super kuat Corning Gorilla Glass 4 yang bisa melindungi layar dari benturan tidak disengaja.

Menu-menu dan ikon aplikasi OPPO F1s penuh nuansa flat yang tidak terlihat norak. Yaps, @GadgetGaul suka Color OS 3.0 yang berbasis Android 5.1 Lollipop ini karena selain menawarkan antarmukka yang minimalis dan elegan tapi responsivitasnya juga lebih cepat dari Color OS versi sebelumnya. Buka tutup aplikasi terasa sangat smooth dan tidak makan banyak waktu. Bloatware masih ada beberapa hanya porsinya tidak banyak dan ada yang bisa dihapus supaya kapasitas penyimpanan 32GB-nya bisa menampung lebih banyak file lagi. Eh, tidak pas 32GB sih, penyimpanan internal yang bisa Gadgeteers pakai di awal sekitar 25GB saja.

Themes-Store-OPPO-F1s-GG

Bosan sama tampilan bawaan? Gadgeteers bisa gonta-ganti tampilan di Theme Store dengan tema yang sesuai dengan selera. Opsi untuk ganti font bisa kamu temukan di menu setting, lengkap dengan pilihan ukurannya. Mode simple juga hadir untuk para orang tua, tampilannya akan berubah super minimalis. One Hand Mode? Ada dong, cukup slide diagonal dari bawah ke atas nanti tampilannya akan mengecil jadi 3.5-inci. Satu lagi, menu gesture! Mulai dari double tap to wake, screenshot dengan swipe 3 jari ke bawah sampai menggambar pola huruf untuk akses menu tertentu juga bisa digunakan di OPPO F1s ini.

Namun fitur double tap to wake bakal jadi mubazir kalau sudah memakai fitur fingerprint sensor yang responsif ini karena lebih cepat unlock pake sidik jari ketimbang repot-repot nge-tap layar buat mengaktifkan smartphone. Proses mengenali sidik jarinya juga sangat cepat, cukup tekan tombol home dan OPPO F1s langsung aktif. Beda dengan tetangga sebelah yang fingerprint sensor-nya sama-sama ada di tombol home, kadang pas tekan tombol home tidak langsung kebuka jadi mesti sentuh lagi fingerprint sensor-nya. Tidak cuma buat unlock aja, fingerprint sensor ini juga bisa digunakan untuk buka aplikasi, telepon cepat dan menyimpan file-file rahasia yang tidak ingin diakses secara bebas oleh orang lain.

Demi menekan harga, F1s tidak pakai chipset Mediatek Helio P10 seperti F1 Plus. Masih Mediatek namun seri di bawahnya yaitu MT6750. Jangan selalu anggap chipset buatan Mediatek itu tidak bisa ngebut. Performa chipset 64-bit dengan 8 inti yg dikawinkan dengan GPU Mali T860 dan RAM 3GB ini alhamdulillah masih bisa mengimbangi kebutuhan grafis mobile game HD terkini, Mulai dari main battle 3 vs 3 di Vainglory hingga main Pokemon Go. Lancar banget cuy! Kalau lagi main ada lag sesekali atau pas menangkap Pokemon tiba-tiba pokeball-nya nge-hang itu karena masalah koneksi ke server. Penasaran sama skor antutu OPPO F1s? Tembus 41 ribuan. 

Spek-OPPO-F1s-GG

Dengan jargon Selfie Expert, udah pasti kamera depan jadi fitur yang dijual dari OPPO F1s. Kamera depan smartphone ini usung resolusi 16MP, lebih tinggi dari resolusi kamera belakangnya 13MP, sama dengan formula kamera pada F1 Plus. Bukaan lensa f/2.0 dan sensor berukuran 1/3.1-inci akan berikan sensitivitas cahaya lebih tinggi dibandingkan kamera depan smartphone lain sekelasnya. Sederhananya Gadgeteers bisa selfie dengan hasil yang tajam, terang meski minim cahaya dan tidak backlight meski membelakangi sumber cahaya. Kalau harus selfie di tempat sangat minim cahaya, ada screen flash yang bisa diandalkan. Untuk melengkapi experience kamera depan F1s, OPPO menanamkan fitur beautify 4.0 dengan 7 tingkatan, Selfie Panorama untuk selfie rame-rame dan palm shutter untuk memotret hanya dengan mengarahkan telapak tangan ke kamera.

Kamera belakang yang hanya 13MP ini memang tidak begitu diunggulkan, tapi punya PDAF, bukaan lensa f/2.2 sampai sensor berukuran 1/3.1-inci. Foto-foto yang dihasilkan berkualitas dan bisa menghasilkan RAW file. Warnanya natural, detailnya juga dapet. Performa HDR-nya juga oke buat menyeimbangkan cahaya dan detail di daerah yang terang dan gelap seperti foto langit dan pohon-pohon ini. Buat perekaman video, baik kamera depan dan belakang mendukung resolusi hingga fullHD di 30fps dengan bit rate video 17MBps dan audio stereo 128Kbps.

Selfie-OPPO-F1s-GG

Urusan konektivitas, OPPO F1s ini cukup lengkap. Ada USB OTG otomatis akan mati kalau sudah tidak dipakai lagi. Menarik sih, hanya agak repot karena mesti switch on manual kalau ingin menghubungkan flashdisk di smartphone ini. OPPO F1s juga sudah mendukung konektivitas 4G LTE di kedua slot nano SIM-nya, Jenis 4G LTE-nya adalah FDD sehingga Gadgeteers bisa pakai layanan 4G dari operator Telkomsel, XL dan Indosat. Yaps, OPPO F1s ini udah lolos TKDN. Pabriknya di Cengkareng adalah pabrik pertama OPPO di luar Tiongkok.

F1s dibekali baterai berkapasitas 3075 mAh, lebih besar dari F1 dan F1 Plus. Saya tidak bisa membandingkan secara detail karena tidak ada info screen on time di pengaturan baterainya. Daya tahan baterai dengan posisi layar nyala kurang lebih 4-5 jam yang @GadgetGaul pakai buat selfie sampai bosan, nonton film, keliling kompleks cari Pokemon dan eksis di media sosial, entah itu hanya cek timeline, update status berita gadget terbaru atau membalas mention dari Gadgeteers.

OPPO-F1s-Launch-Indo-GG

NFC, sensor gyroscope dan VOOC Flash Charging absen di F1s. Oke, untuk yang terakhir ini memang harus ditoleransi karena saat ini VOOC  hanya ada di smartphone flagship. Mungkinkah ke depannya VOOC hadir untuk smartphone OPPO kelas menengah dan bawah? Hanya Tuhan dan OPPO yang tahu …

Jadi untuk siapa OPPO F1s ini? Jelas bukan untuk Gadgeteers yang hobi main game VR, para penyembah spesifikasi dan Jamaah Antutudiyah. OPPO F1s cocok untuk Gadgeteers yang hobi main Snapchat ato Instagram serta para vlogger pemula yang hanya punya dana Rp3 jutaan. Sebagai informasi, saat ini OPPO punya 85 service center dari Aceh hingga Papua, yang dikelola sendiri, bukan nebeng, dan masih akan terus bertambah setiap bulannya.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Mainkan dan Kenali Sejarahnya dengan Game Diponegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 5 =