Beranda Review

Review Samsung Galaxy A3 2017

35
0

Halo guys, david disini dan ini adalah Samsung Galaxy A3 2017. HP ini adalah varian seri A yang punya ukuran bodi paling kecil, spesifikasi paling rendah, dan harga yang paling rendah juga, kalau dibandingin sama A5 dan A7 17. Pada awalnya, saya agak heran kenapa spesifikasi A3 kerasa jauh lebih rendah dari dua saudaranya itu, tapi setelah saya pake selama dua minggu, saya jadi lumayan ngerti dan pada akhirnya, hampir tergoda buat ngejadiin HP ini sebagai HP utama. Kenapa? Ayo kita bahas mulai dari bagian desainnya dulu, karena bagian ini kerasa berbeda banget dari mayoritas HP-HP lain.

Samsung Galaxy A3 2017

Yep, Samsung Galaxy A3 2017 punya keunikan berupa ukuran layar yang termasuk kecil buat standar HP zaman sekarang, Cuma 4.7 inci aja. Buat sebagian orang, ukuran layar kayak gini bisa bikin mereka nyoret A3 dari daftar calon HP baru mereka, karena ukuran layar yang luas sudah jadi syarat yang penting. Tapi buat sebagian yang lain, termasuk saya, ukuran layar yang kecil bisa bikin A3 jadi calon nomor satu, karena layar yang kecil berarti HPnya lebih compact, lebih pas di tangan, lebih enak waktu dimasukin ke kantong, dan pokoknya lebih nggak ribet.

Samsung Galaxy A3 2017

Di bagian depan atas HP ini kita akan menemukan kamera 8 MP, earpiece dan sensor cahaya, sementara di bagian bawah ada tombol home yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, tombol recent apps, dan back.
Di bagian kanan kita akan menemukan tombol power plus speaker, di bagian kiri ada tombol volume, dan di bagian atas ada mikrofon serta slot SIM hybrid. Jadi anda harus milih kombinasi dual nano SIM atau 1 nano SIM plus 1 kartu MicroSD. Saya rasa 90% orang yang menggunakan HP ini bakal milih kombinasi 1 nano SIM ditambah kartu MicroSD, karena memori internal A3 Cuma 16 GB. Kalau tetep maksain buat pake dua nano SIM, buat jangka panjang bakal susah sendiri karena memorinya nggak muat buat nampung banyak foto atau aplikasi tambahan.

Samsung Galaxy A3 2017

Di bagian bawah kita akan menemukan USB tipe C, mikrofon, dan jack audio, sementara di belakang ada kamera 13 MP dan LED flash plus logo Samsung. Buat varian warna gold ini, sidik jari yang menempel lebih susah keliatan dibanding varian warna hitam di A5 yang sudah saya review di video sebelumnya. Overall, saya suka dengan desain dari A3 2017 karena layarnya yang kecil, feel yang terasa pas dan solid di tangan, dan penampilan yang kelihatan mewah ala HP-HP flagship.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Ikuti Film-film Favorit Melalui Ponsel dengan Mudah Pakai HOOQ

Di bagian display, Galaxy A3 2017 tampil cukup sederhana dengan resolusi 720p, yang buat saya sudah cukup banget kalau inget ukuran layarnya yang compact. Lagipula tingkat kerapatannya yang nyentuh angka 312 pixel per inci sudah termasuk lumayan tinggi, sehingga resolusi yang belum Full HD sama sekali bukan jadi masalah buat saya. Jangkauan warna yang dihasilin panel Super AMOLED di HP ini juga mantep banget, sehingga pengalaman waktu menatap layar HP ini, terutama menonton video, pun tetap terasa nyaman.

Samsung Galaxy A3 2017

Sebelum lanjut ke performa, kita kelarin dulu bagian spesifikasinya. Samsung Galaxy A3 2017 menggunakan prosesor 7870 Octa Core, GPU Mali T830, RAM 2 GB, memori internal 16GB, kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP, baterai 2350 mAh yang durasi screen on timenya selalu tembus 5 jam lebih, dan sistem operasinya Android 6.0 Marshmallow. Wow, mungkin anda heran kenapa speknya bisa jauh beda sama A5 2017. Awalnya saya juga heran, kok bisa ya.

Tapi setelah dipake, ternyata saya sama sekali nggak ngerasain ada yang kurang soal performa HP ini. Mulai dari keliling sosial media, baca-baca artikel lewat browser, chatting, keliling 9GAG, pesen gojek, sampe belajar bahasa di duolingo, semuanya bisa saya lakukan dengan lancar. Performa multitaskingnya juga sudah oke, sama sekali nggak ada masalah.

Samsung Galaxy A3 2017

Ketika dipake buat main game juga lumayan oke, terutama buat game game ringan kayak subway surf dan gardenscapes. Tapi kalau buat main game 3D, misalnya suicide squad special ops, kita harus kompromi ke kualitas grafisnya biar bisa lebih lancar. Kalau maksain buat setting grafis yang tinggi, gamenya bakal terasa patah, wajar aja sih. Buat skor antutunya sendiri, A3 2017 dapetin angka di sekitar 40 ribuan. Sementara di bagian sensor, HP ini termasuk lengkap karena sudah punya sensor gyroscope dan NFC, bahkan sensor tekanan juga sudah punya, walaupun nggak pernah saya pake.

Samsung Galaxy A3 2017

Kalau kita ngomongin Galaxy Seri A 2017, rasanya nggak afdol kalau belum ngebahas fitur-fitur ala flagshipnya. Yep, kalau anda udah nonton video unboxing HP ini, pasti anda sudah tau kalau HP ini punya fitur tahan air karena HPnya langsung dicelupin ke air waktu pertama kali diidupin. Kalau anda sudah nonton review Galaxy A5, pasti udah tau juga kalau HP seri A punya fitur always on display yang saya suka banget karena bisa langsung ngeliat informasi waktu + notifikasi tanpa harus ngidupin layar. Selain fitur-fitur mewah itu, belakangan ini saya baru nyadar kalau Grace UX di Seri A 2017 punya fitur smart switch yang bisa aktifin koneksi data mobile secara otomatis kalau koneksi wifi lagi nggak stabil. Buat saya fitur ini penting, karena nggak lucu kalau saya harus ketinggalan notifikasi terbaru gara gara wifinya mati.

Topik Hot Lainnya:   Review Coolpad Cool Dual Indonesia

Soal kualitas kamera, awalnya saya juga agak ragu karena resolusinya lebih kecil dari A5 dan A7, tapi lagi lagi, HP ini kasih kejutan yang menyenangkan. Gambar-gambar dalam kondisi cahaya yang cukup bisa ditangkap dengan sangat baik. Reproduksi warnanya mantep, detailnya sudah oke, dan mode HDRnya bisa seimbangin daerah gelap dan terang dengan cakep. Saya suka dengan kualitas foto yang dihasilin kamera A3 2017, tapi itu dalam kondisi cahaya cukup aja. Kalau dalam low light, detail gambarnya bakal berkurang dan noisenya juga lumayan kerasa. Sementara buat selfie, kamera depan A3 ngebuktiin kalau resolusi tinggi bukan segalanya, karena 8MP aja udah cukup buat hasilin foto yang bagus.

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

Foto Galaxy A3 2017

20170223_050147

Foto Galaxy A3 2017

Kesimpulannya, saya puas dengan apa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A3 2017. Meskipun spesifikasinya keliatan jomplang dibanding 2 saudaranya, tapi saya nggak ngerasain perbedaan yang signifikan. Dengan dimensi bodi yang kecil, performa yang sudah oke, fitur fitur ala flagship dan ditambah kamera yang bagus, saya dengan mudah ngerekomendasiin HP ini buat anda yang memang suka menggunakan HP berukuran compact.

Samsung Galaxy A3 2017

Satu satunya kelemahan yang perlu dicatet adalah minimnya kapasitas memori internal, kalau anda harus pake dua kartu SIM di 1 HP, rasanya HP ini kurang cocok buat dibeli. Tapi kalau anda nggak terlalu permasalahin ukuran layar, saya jauh lebih ngerekomendasiin Galaxy A5 2017 yang beda sejuta tapi speknya jauh lebih bagus, slot kartu simnya fleksibel, dan ada fast charging lagi.

Saya sendiri sempat mikir mau jadiin HP ini sebagai HP utama karena memang nyaman pas dipake, tapi pada akhirnya nggak jadi karena Galaxy A5 2016 yang saat ini jadi HP utama saya sudah punya OIS, sehingga bakal lebih bagus kalau dipake buat ngerekam video. Lagipula sebentar lagi Galaxy S8 sudah mau keluar, jadi rasanya tanggung kalau harus ganti HP utama 2 kali.

Samsung Galaxy A3 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 6 =