Beranda Review

Review Samsung Galaxy A5 2016, Ponsel Rasa Flagship dengan Harga Menengah

37
0

Saat ini, ponsel sudah menjadi salah satu barang yang bisa mendukung penampilan penggunanya. Para vendor pun berlomba untuk merancang sebuah ponsel yang bisa mencuri perhatian calon pengguna hanya dalam satu kali pandang. Namun, seringkali desain ponsel yang premium akan diikuti oleh biaya yang tidak murah, bahkan cenderung hanya bisa ditemukan di ponsel kelas flagship yang dibanderol dengan harga tinggi.

Samsung mencoba mengakali tren tersebut dengan meluncurkan Galaxy A Series, yang menawarkan desain ponsel yang terlihat dan terasa premium, namun bisa didapatkan dengan harga miring karena adanya pemotongan spesifikasi di sana-sini. Kali ini, @GadgetGaul akan mengulas Galaxy A5 2016, salah satu varian dari ponsel A Series.

Galaxy A5 2016

Desain

Dengan ukuran layar 5.2 inci, Galaxy A5 2016 mengingatkan @GadgetGaul akan feel yang diberikan oleh Galaxy S6 karena ukuran kedua ponsel ini hampir serupa. A5 2016 menggunakan kaca 2.5D Gorilla Glass 4 sehingga membuat rasa premiumnya semakin bersinar. Selain itu, chamfered metal yang membalut bagian sisi ponsel ini juga menjadi kombinasi yang pas dengan kaca di depan dan belakangnya, sekaligus memberikan tambahan rasa kokoh ketika kita menggenggamnya.

Galaxy A5 2016

Walaupun tidak memiliki lengkungan di bagian belakang seperti pada ponsel Note 5, A5 2016 sama sekali tidak memberikan kendala saat digenggam karena faktor ukurannya yang memang masih bisa dioperasikan dengan nyaman oleh tangan orang Indonesia.

Sama seperti bahan logam, penggunaan bahan kaca juga memiliki kelemahan tersendiri. Gadgeteers harus lebih berhati-hati ketika menaruh ponsel ini di permukaan yang sedikit miring, karena ponsel ini akan mudah meluncur ke bawah. Sidik jari pun masih bisa dengan mudah menempel di ponsel ini. Namun secara keseluruhan, Galaxy A5 2016 telah sukses menarik perhatian @GadgetGaul hanya dari desainnya yang terlihat mewah dan terasa seperti flagship, walaupun spesifikasi yang ditawarkan sama sekali tidak mencerminkan sebuah ponsel flagship.

Galaxy A5 2016

Spesifikasi

Untuk kisaran harga Rp5 juta-an, spesifikasi yang ditawarkan Galaxy A5 2016 sama sekali tidak spesial. Gadgeteers bisa dengan mudah menemukan ponsel dengan harga lebih murah yang menawarkan spesifikasi serupa. Namun, bukan berarti spesifikasi A5 2016 masuk dalam kategori jelek, ponsel ini masih menawarkan jeroan yang cukup mumpuni dengan menggunakan prosesor Exynos 7580 Octa Core, RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB, kamera belakang 13MP f/1.9 dengan fitur OIS, kamera depan 5MP, dan baterai dengan kapasitas 2900mAh.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Mengenang Masa Lalu Dalam Game Bounce Classic

Galaxy A5 2015 dapat mendukung dua kartu SIM sekaligus ditambah dengan opsi penambahan kartu MicroSD, sesuatu yang sudah jarang ditemukan di ponsel menengah ke atas. Pemindai sidik jari pun bisa ditemukan di ponsel ini. Sayangnya, Gadgeteers tidak dapat bermain game virtual reality ataupun sekedar menonton video 360 menggunakan ponsel ini karena tidak ada sensor gyroscope di dalamnya. Gadgeteers juga tidak akan menemukan lampu LED notifikasi di ponsel ini.

Galaxy A5 2016

Performa

Ketika diuji dalam pemakaian sehari-hari, performa yang ditawarkan A5 2016 sama sekali tidak mengecewakan, bahkan cenderung memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan. Samsung tidak lagi memberikan banyak aplikasi bawaan bagi ponsel mereka, sehingga tampilan antarmukanya terasa lebih bersih dan performanya lebih responsif. Untuk penggunaan ringan seperti berpindah aplikasi, membaca artikel, menjelajahi media sosial, dan menonton video di Youtube, semua bisa dilakukan dengan lancar walaupun sesekali masih terasa lag yang jarang terjadi.

Galaxy A5 2016

Namun, spesifikasi yang tidak terlalu mentereng memang tidak bisa bohong ketika diajak bermain game dengan grafis tinggi seperti Lara Croft GO. Pada setting maksimal, kita memang masih bisa memainkannya dengan baik, walaupun tidak masuk ke kategori nyaman karena adanya frame drop sehingga membuat permainan tidak berjalan dengan mulus. Jika kita turunkan pada setting menengah, barulah pemainan akan berjalan dengan mulus. Mungkin hal ini memang tidak menjadi masalah berarti bagi sebagian orang. Tapi bagi gamer berat yang ingin merasakan pengalaman gaming terbaik, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan besar sebelum membeli ponsel ini.

Galaxy A5 2016

Meski kapasitas baterai di ponsel ini tidak bisa dikatakan besar, daya tahannya mampu melayani penggunaan @GadgetGaul selama satu hari lebih walau tidak pernah bertahan hingga hari kedua. Screen on time yang dihasilkan pun termasuk lama, baterai ponsel ini mampu mentenagai layar Super AMOLED beresolusi Full HD hingga 6 jam. Jika baterainya habis, A5 2016 telah memiliki fitur pengisian cepat yang mampu mengisi daya baterai sekitar 30-40% hanya dalam waktu setengah jam.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Ongkirku : Aplikasi Praktis Untuk Cek Ongkir

Salah satu bagian dari A5 2016 yang cukup mengecewakan adalah speakernya. Selain suaranya yang tidak terlalu “nendang”, penempatannya di bagian bawah mengakibatkan suara rentan tertutup oleh jari, sehingga membuat kualitas suaranya menurun drastis. Speaker memang masih menjadi bagian yang tidak bisa dibanggakan oleh Samsung.

Galaxy A5 2016

Kamera

Samsung Galaxy A5 2016 memiliki kamera utama beresolusi 13 MP dengan f/1.9 dan didukung dengan optical image stabilization (OIS). Fungsi utama dari OIS adalah untuk meminimalkan hasil gambar yang berbayang alias blur. OIS juga membuat hasil perekaman video menjadi lebih stabil dibandingkan kamera yang tidak menggunakannya. Untuk hasil gambarnya sendiri tidak mengecewakan. Reproduksi warna yang dihasilkan sudah mendekati warna asli dan detailnya lumayan tajam jika difoto dalam keadaan cukup cahaya. Kelemahan yang terasa pada kamera ini adalah dynamic rangenya yang terlihat kesulitan dalam membagi daerah gelap dan terang. Gadgeteers bisa menggunakan mode HDR sebagai solusinya, walaupun gambar tidak akan terlihat natural.

Kamera A5
Kamera A5
Kamera A5
Kamera A5
Kamera A5
Kamera A5

Kesimpulan

Samsung Galaxy A5 2016 adalah ponsel yang cocok buat Gadgeteers untuk merasakan pengalaman menggunakan ponsel flagship tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Desainnya yang terlihat cantik di mata dan terasa premium di tangan menjadi kekuatan utama ponsel ini. Memang, spesifikasi yang didapatkan telah mengalami pemotongan disana-sini, namun hal itu terasa wajar karena harganya yang hampir setengah dari flagship. Performanya yang mulus ditunjang dengan tampilan antarmuka yang bersih juga menjadi kekuatan ponsel ini. Selain itu, Gadgeteers juga akan mendapatkan beberapa fitur yang biasanya hanya bisa ditemukan di ponsel flagship, seperti OIS, fast charging, dan pemindai sidik jari. Sayangnya ada juga beberapa kekurangan seperti kualitas speaker yang kurang “nendang” dan tidak adanya sensor gyroscope dan lampu LED notifikasi. Jika Gadgeteers bisa memaklumi kekurangan tersebut, ponsel ini patut dicoba. @GadgetGaul memberikan nilai 4 dari 5 untuk Galaxy A5 2016.

Galaxy A5 2016

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − seventeen =