Beranda Advertorial

Review Samsung Galaxy J5 Dengan BOLT! Super 4G LTE

48
0

Sejak peluncuran 4G LTE pertama kali di Indonesia pada akhir tahun 2014 lalu, hampir semua vendor berlomba-lomba merilis ponsel 4G LTE yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia : Semakin terjangkau dan semakin berkualitas. Meluncur secara resmi di Indonesia pada 21 Agustus 2015, BOLT! Super 4G LTE dan Samsung Galaxy J5 pun berusaha menjawab kebutuhan yang sama. Berikut adalah ulasan @GadgetGaul setelah mencoba ponsel 4G LTE Samsung paling terjangkau hingga saat artikel ini ditulis :

Desain & Layar

Secara umum, desain Samsung Galaxy J5 masih sama dengan smartphone Samsung lainnya, yaitu candy bar dengan sudut-sudut yang melengkung. Bodinya terbuat dari bahan plastik polycarbonate yang terlihat makin elegan dengan bezel chrome di sekelilingnya. Bentuk yang aerodinamis, dengan style yang cukup menawan memberi kesan mewah saat memegang Samsung Galaxy J5 ini. Oh iya, gak licin juga lho saat dipegang.

Urusan layar, Samsung Galaxy J5 ini udah pasti lah jagoan. Layar 5 inci-nya menyajikan warna yang lebih hidup dan tajam, bikin pengalaman browsing foto atau menonton film menjadi lebih menyenangkan. Semua itu berkat teknologi Super AMOLED yang ditunjang dengan resolusi layar HD 720p di smartphone ini. Kerapatan layarnya pun oke kok di 294 pixel per inch. Responsivitas layarnya juga sudah sangat baik meskipun fitur multitouch Samsung Galaxy J5 ini hanya mendukung 2 titik sentuhan saja.

User Interface

Menjelajah antar halaman menunya juga smooth banget. Ya, karena Samsung Galaxy J5 sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop terbaru tepatnya versi 5.1.1. Dibalut dengan tampilan antarmuka TouchWiz UX terbaru yang mirip banget seperti di Samsung Galaxy S6. TouchWiz UX terbaru ini lebih sederhana dengan bloatware lebih sedikit ketimbang versi sebelumnya yang dirasa banyak pengguna cukup membebani kinerja. Untuk personalisasi, tersedia fitur Themes yang membuat tampilan homescreen dan menu di Samsung Galaxy J5 menjadi lebih segar. Ada banyak pilihan tema yang bisa Gadgeteers unduh sesuai selera dan proses instalasinya pun sangat mudah.

Beberapa software bawaannya merupakan aplikasi eksklusif Samsung. Yang pertama adalah Smart Manager. Fungsinya untuk mengelola berbagai informasi penting seperti status baterai, ruang penyimpanan, statistik memori dan lainnya. Kedua, Galaxy Gift Indonesia. Di sini gadgeteers bisa mendapatkan berbagai diskon/promo dari merchant-merchant ternama setiap harinya. Ketiga, S Lime. Kalo ini aplikasi reader buat baca majalah atau koran yang setiap harinya selalu update dan bisa dibaca langsung di Samsung Galaxy J5. Tak ketinggalan, ada beberapa aplikasi eksklusif dari Microsoft juga yang @Gadgetgaul temukan di smartphone ini, seperti OneDrive, OneNote dan Skype.

Hardware

Kinerja hardware-nya Samsung Galaxy J5 mampu tampil prima. Menjelajah TouchWiz UI terbaru, browsing, memutar video beresolusi tinggi sampai bermain game dengan intensitas grafis 3D yang berat seperti Asphalt 8 dan Marvel Future Fight mampu dilahap dengan baik. Kalo sudah begitu, hampir tidak ada tugas lain yang tidak dapat dituntaskan dengan baik oleh kombinasi prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 410 1.2 GHz berteknologi 64-bit, GPU Adreno 306 dan RAM 1.5GB.

Topik Hot Lainnya:   Review Samsung Galaxy A3 2017

Untuk menyimpan berbagai file, Samsung Galaxy J5 dibekali penyimpanan internal berkapasitas 8GB. Sekitar 3.4 GB sudah terpakai untuk sistem, jadi sisa 4.3 GB-an bisa Gagdeteers pakai. Masih kurang? Tenang, slot penyimpanan eksternal di Samsung Galaxy J5 mendukung microSD hingga kapasitas penyimpanan yang sangat lega, yakni 128GB lho. Saat diuji dengan aplikasi AnTuTu Benchmark, Samsung Galaxy J5 mampu mencetak skor di angka 19 ribuan. Sementara saat diuji dengan aplikasi Nenamark 2, angka 53.5 fps. Sensor yang ada di Samsung Galaxy J5 hanya accelerometer, proximity dan sound sensor. Untungnya, fitur USB on The Go hadir di smartphone ini. Itu lho, fitur buat membaca flashdisk atau perangkat berbasis USB lainnya langsung di smartphone.

Kamera

Mencoba Samsung Galaxy J5 kayaknya nggak lengkap kalo belom nyobain kameranya. Dengan tagline #tunJukkanmomenmu, Gadgeteers gak perlu takut kehilangan momen soalnya kamera smartphone ini bisa diakses langsung dengan klik 2 kali di tombol Home meskipun smartphonenya lagi dikunci. Kurang dari sedetik setelah menekan, kamera ponsel ini sudah siap untuk motret.

Mengabadikan momen-momen penting menjadi lebih jelas dan terang berkat kamera 13 MP yang dilengkapi dengan LED flash. Gadgeteers nggak perlu takut hasil fotonya gelap karena kamera belakang Samsung Galaxy J5 ini memiliki bukaan lensa f/1.9 yang bisa menangkap cahaya lebih baik di tempat yang minim cahaya. Tersedia pula mode Pro dimana gadgeteers bisa mengatur ISO, White Balance dan Exposure secara manual layaknya kamera DSLR atau mirrorless. Kamera Samsung Galaxy J5 ini juga asik banget buat merekam video. Ya, gambar bergerak bisa diabadikan hingga resolusi maksimal Full HD 1080p dengan frame rate 30fps.

Beralih ke kamera depannya yang beresolusi 5MP. Iyaa, di kamera depan Samsung Galaxy J5 ada flash-nya! Gadgeteers bisa tetap selfie seru-seruan meskipun dalam kondisi backlight. Bisa juga selfie malem-malem di mana kondisi cahaya minimalis atau waktu macet-macetan di dalam mobil saat pulang kerja.

Masih seputar kamera depan, ada juga fitur keren bernama Palm Selfie. Ini juga gak kalah penting lho! Tanpa perlu pasang timer atau tanpa perlu pencet tombol shutter, kamera Samsung Galaxy J5 bisa motret sendiri. Caranya? Tinggal arahkan telapak tanganmu ke kamera. Otomatis akan muncul timer sekitar sedetik dan JEPRET! Kamera otomatis ambil foto dan Gadgeteers tinggal bebas mau gaya foto kayak gimana tanpa repot-repot mencet tombol shutter lagi. Oh iyaa, ada juga fitur Wide Selfie yang berguna banget buat selfie rame-rame. Banyak orang bisa masuk frame karena ukuran lensa kamera depan Samsung Galaxy J5 yang cukup besar. Kombinasi aperture f/1.9, geo-tagging, touch focus, face detection dan berbagai fitur keren buat selfie bikin motret pake Samsung Galaxy J5 ini nyenengin banget dan bisa #tunJukkanmomenmu di setiap kesempatan.

Topik Hot Lainnya:   Review TP-LINK NC200 Cloud Camera

Multimedia

Menengok ke sektor multimedia, Samsung Galaxy J5 ini punya video player bawaan, FM Radio dan untuk music player-nya nebeng dari Google Play Music. Kualitas speaker di belakang bodi cukup bagus kok kalo buat dengerin musik bareng-bareng di ruangan. Earphone bawaan smartphone ini berjenis earphone standar. Sudah cukup nyaman dipakai untuk mendengarkan musik.

Konektivitas

Samsung Galaxy J5 sudah mendukung konektivitas 4G LTE di kedua slot SIM-nya. Selain frekuensi 900 dan 1800 MHz, smartphone ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE di frekuensi 2300 MHz lho. Itu alasannya mengapa setiap Samsung Galaxy J5 yang beredar di Jabodetabek di-bundling dengan kartu perdana BOLT! Super 4G LTE.

Baterai

Dengan berbagai spesifikasi keren yang ditawarkannya, bagaimana dengan performa baterai? Dibekali baterai berkapasitas 2600 mAh, Samsung Galaxy J5 ini bisa menemanimu seharian untuk aktivitas browsing, akses social media, dan bermain game dengan frekuensi yang normal. Screen on time-nya bisa mencapai 5 jam lebih.

Gak perlu khawatir kehilangan panggilan telepon atau SMS penting di saat kondisi baterai sekarat. Aktifkan saja fitur Ultra Power Saving mode yang secara dramatis mengurangi konsumsi baterai dengan menutup semua fitur hingga hanya menyisakan telepon, sms, browser default Android dan beberapa aplikasi lain yang dapat kita pilih. Dengan output charger bawaan 1A, waktu charging smartphone ini dari 5% hingga baterai penuh 100% butuh waktu sekitar 3 jam.

Kesimpulan

Dengan banderol harga resmi Rp 2.799.000, Gadgeteers mendapatkan banyak fitur unggulan di Samsung Galaxy J5 ini. Hadirnya layar Super AMOLED di smartphone ini membuat warna-warna yang ditampilkan menjadi lebih hidup dan tajam serta membuat pengalaman browsing foto ataupun menonton film jadi lebih menyenangkan. Kinerja hardware-nya pun handal ditunjang pula dari segi software yang menjalankan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 plus UI TouchWiz UX terbaru yang smooth dan responsif abis.

Tak ketinggalan, berbagai fitur kamera depan dan belakang yang keduanya dilengkapi LED flash juga menjadi spesifikasi unggulan di antara hape sekelas dengan harga di bawah tiga juta rupiah. Dukungan konektivitas jaringan BOLT! Super 4G LTE membuat smartphone ini jadi semakin menarik untuk dimiliki. Oh iya satu lagi, baterai 2.600 mAh yang awet serta fitur Ultra Power saving Mode berguna banget buat Gadgeteers yang nggak bisa lepas dari smartphone sepanjang hari.

Kalau ada dua hal yang patut disayangkan dari smartphone 4G LTE Samsung paling terjangkau ini adalah banyaknya sensor yang absen di smartphone ini serta tidak hadirnya LED notifikasi yang bagi sebagian orang merupakan fitur yang penting.

Buat yang penasaran dengan spesifikasi detail dari Samsung Galaxy J5 bisa cek dari website maupun media sosial Samsung Indonesia. Ayo #tunJukkanmomenmu bersama Samsung Galaxy J5!


Website : Samsung
Twitter : @samsung_ID
Instagram : @samsung_id
Facebook : Samsung Mobile Indonesia