Beranda Review

[REVIEW] Sebangsa : Media Sosial Pertama Dengan Layanan Publik

0
1

Aplikasi media sosial seperti Path, Instagram, Pinterest, dan sebagainya pasti sudah banyak orang yang mempunyai akunnya. Namun, apakah Gadgeteers sudah mencoba aplikasi media sosial buatan anak bangsa yang satu ini?

Screenshot_2014-12-05-08-57-17

Nah, Sebangsa ini bisa dibilang aplikasi yang menggambungkan antara Path dengan Twitter. Mengapa demikian? Karena Sebangsa mengembangkan sebuah fitur dasar seperti posting teks, foto, audio, check-in lokasi, profil pengguna, jaringan komunitas, dan grup. Selain itu juga ada fitur yang menarik, yaitu fitur 911. Fitur tersebut merupakan fitur untuk darurat, yang berisi berbagai informasi dan waspada dengan keadaan darurat melalui fitur pesan panik, pesan jaga-jaga, dan laporan darurat.

Screenshot_2014-12-05-08-05-14

Bagaimana cara mendaftarnya? Caranya mudah saja Gadgeteers tinggal sinkronisasikan akun Twitter Gadgeteers dengan Sebangsa ini. Setelah berhasil mendaftarkan diri, Gadgeteers dapat menjelajahi fitur-fitur yang ada. Dalam menu Linimasa, Gadgeteers dapat melihat beberapa informasi dalam negeri yang berguna. Selain itu Gadgeteers juga dapat mencari informasi yang sedang ngetren, seperti tempat dan pengguna.

Screenshot_2014-12-05-08-58-47

Screenshot_2014-12-05-09-01-07

Nah seperti yang Gadgeteers bisa lihat ada sebuah +grup, itu adalah tempat Gadgeteers berbagi berbagai informasi. Tentunya dengan fitur +grup ini Gadgeteers dapat berinteraksi, berdiskusi dan berbagi dengan sesama pengguna Sebangsa lainnya.

Screenshot_2014-12-05-09-02-55

Bingung harus mencari informasi tentang topik apa? Jangan khawatir. Sebangsa juga menyediakan sebuah fitur rekomendasi atau saran. Nah setelah Gadgeteers membuka halaman tersebut maka akan banyak topik yang disarankan untuk Gadgeteers. Sepertinya topik-topik tersebut penyaranannya berdasarkan jenis kelamin, akun dan +grup yang sudah Gadgeteers ikuti.

Screenshot_2014-12-07-06-07-45

Selain fitur-fitur yang biasa itu, ternyata ada 2 fitur menarik lainnya. Seperti disebutkan tadi bahwa Sebangsa memiliki fitur 911 yang membuat Gadgeteers dapat berbagi pesan panik, jaga-jaga dan darurat melalui halaman ini. Contohnya adalah jika ada banjir, razia dan semacamnya Gadgeteers bisa membuka halaman ini dan melaporkannya agar pengguna lain menjadi lebih waspada.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Bantu Bayi ini Lari Dari Kejaran Zombie di Cute Kill

Selain itu juga ada Sebangsa1800. Nah, di sini Gadgeteers dapat bertanya, memberi saran, bahkan mengadukan merek yang Gadgeteers anggap pantas mendapatkannya.

Aplikasi besutan PT Sebangsa Bersama ini mengklaim sebagai platform media sosial pertama di dunia yang mentransformasi layanan publik. Dengan tagline-nya ‘berbagi dan membangun’ yang artinya dengan tagline tersebut, kita sebagai warga Indonesia tak hanya mengakses layanan saja, namun juga menciptakan manfaat dan layanan bagi warga lainnya. Karena bisa Gadgeteers rasakan sendiri aplikasi Sebangsa ini memanfaatkan interaksi dasar pengguna untuk memberikan manfaat lain.

aplikasi ini so far so good  namun ada beberapa yang disayangkan seperti registrasi dengan Twitter. Padahal seharusnya registrasinya dengan email saja, jadi pengguna yang tidak menggunakan Twitter pun tidak harus repot-repot mendaftarkan dirinya dahulu ke Twitter lalu ke Sebangsa. Selain itu, saat pendaftaran kadang mengalami crash atau error dari Sebangsanya sendiri, mungkin hal tersebut disebabkan sinkronisasi dengan Twitter.

Aplikasi Sebangsa ini bisa Gadgeteers unduh secara gratis di Google Play Store atau App Store. Mengingatkan kembali saja, aplikasi ini masih dalam tahap perkembangan, masih balita. Jadi feedback Gadgeteers sangat berguna untuk aplikasi buatan anak bangsa ini 🙂

 

1 KOMENTAR

  1. yang terbaru sudah saya download dan nikmati, sangat berbeda sekali lebih moderen dan banyak fitur yang ditujukan untuk komunitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 11 =