Beranda Review

[REVIEW] Tes IQ Indonesia, Permainan Sederhana Penguji Kecerdasan

55
0

Intelligence Quotient atau yang mungkin lebih dikenal dengan IQ adalah sebuah istilah umum untuk mengetahui seberapa cerdas seseorang. Dari dahulu IQ memang menjadi sebuah istilah yang populer dan menjadi patokan kepintaran seseorang.

Kemampuan pikiran setiap orang dalam menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar berbeda-beda. Perbedaannya tersebut juga bisa dikarenakan usia. Nah, kecerdasan sendiri erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu.

Sebuah perusahaan pengembang permainan berbasis Android Blacx Knights Indonesia memiliki sebuah permainan yang bernama Tes IQ Indonesia. Permainan ini tidak perlu membutuhkan space yang besar, lantaran hanya memiliki kapasitas 2MB saja. Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, Gadgeteers akan langsung dihadirkan pertanyaan pertama.

ss3

Total pertanyaan yang harus dijawab oleh Gadgeteers ada 39 soal. Semuanya merupakan soal yang dapat menentukan kecerdasan pemain. Dari soal nomor 1 sampai 39, tingkatannya semakin sulit, namun kadang juga terasa naik turun.

Sayangnya, dalam permainan ini kita tidak dikejar oleh waktu, sehingga pemain bisa memikirkan jawabannya dengan santai dan bisa menggunakan waktunya sebaik mungkin. Permainan ini tidak mengharuskan kita berpikir cepat dan jernih, dalam Tes IQ Indonesia kita hanya diharuskan berpikir jernih saja.

ss1

Di akhir permainan, skor akan langsung dihitung dan dilihat seberapa besar IQ Gadgeteers. Bila Gadgeteers cukup teliti mengerjakannya, score yang didapat juga mungkin akan besar. Nah, untuk sekedar informasi seseorang dengan IQ 70 sampai 79 tergolong rendah atau keterbelakangan mental. Seseorang dengan IQ 80 sampai 90 masih tergolong rendah namun masih dalam kategori normal. Lalu seseorang dengan IQ 91 sampai 110 tergolong normal atau rata-rata. Untuk seseorang ber-IQ 111 sampai 120 tergolong tinggi namun masih dalam kategori normal sedangkan untuk seseorang berkategori IQ 120 sampai 130 dikelompokan sebagai superior dan untuk 130 lebih merupakan seorang jenius.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Infectonator : Game Zombie yang Unik dari Toge Production

Tes IQ Indonesia yang bisa Gadgeteers unduh di Google Play Store ini memang gratis, namun bisa dibilang kurang memberikan sedikit ketertarikan. Mungkin bila ditambah dengan main menu, latar musik, dan sedikit pembenahan pada latar permainan akan menjadi berbeda.

diedit oleh Winarso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − 1 =