Beranda Advertorial

Review TP-LINK NC200 Cloud Camera

74
0

Terkadang Gadgeteers ingin mengetahui bagaimana kondisi rumah atau tempat-tempat tertentu di saat sedang berada jauh di luar kota. Tentunya hal tersebut dapat diwujudkan dengan mudah berkat adanya cloud camera TP-LINK NC200. Cloud camera atau yang lebih dikenal dengan istilah IP Camera merupakan varian dari CCTV di mana cloud camera mutlak membutuhkan koneksi internet agar dapat diakses secara nirkabel baik melalui smartphone, tablet atau bahkan PC/laptop.

TP-LINK-NC200 Unboxing GG
Di dalam boxnya terdapat 1 unit cloud camera yang mendukung kecepatan koneksi hingga 300 Mbps. Terdapat pula
power adapter beserta kabel ekstensi dengan panjang sekitar 2 meter, kabel LAN untuk menghubungkan ke modem, pad perekat dan buku manual.

Bodi cloud camera ini terbuat dari plastik berwarna putih dengan build quality yang cukup baik. Kepala kamera dapat digerakkan ke berbagai arah sehingga menambah cakupan penglihatan sang cloud camera. Pemasangan ke tembok juga cukup mudah karena tersedia pad perekat yang dapat ditempelkan ke bagian bawah bodi lalu direkatkan ke tembok. Daya rekatnya lumayan mumpuni, namun agar lebih mantap terdapat pula 2 buah lubang yang terletak di bagian bawah bodi dengan cara melepas cover yang terpasang guna menempatkan paku ke tembok.

TP-LINK-NC200-Bodi GG
Salah satu fitur andalan dari
cloud camera TP-LINK NC200 adalah kemampuannya untuk dipantau via smartphone Android dan iOS. Proses instalasinya sangatlah mudah, cukup dengan mengkoneksikan kabel lan dari cloud camera ke modem yang memiliki koneksi WiFi lalu download aplikasi tpCamera melalui smartphone via Play Store maupun App Store. Kemudian buka aplikasi tpCamera yang telah di-install dan pastikan smartphone terkoneksi ke WiFi modem di mana cloud camera terpasang. Buat akun TP-Link Cloud melalui aplikasi tadi dan setelah itu ikuti saja proses instalasi cloud camera secara step by step yang sangat mudah untuk diikuti.

tpCamera-App-Google-Play-GG
Streaming
video rekaman cloud camera TP-LINK NC200 akan terpampang dengan jelas pada aplikasi tpCamera. Melalui aplikasi tersebut kita dapat memilih opsi untuk melakukan streaming pada resolusi 240p atau 480p. Untuk melakukan recording video beserta suara bahkan sekadar mengambil gambar dapat dilakukan dengan mudah dengan aplikasi tpCamera. Tentunya aplikasi ini sangatlah praktis sehingga memungkinkan Gadgeteers untuk memantau apa yang dilihat oleh sang cloud camera di manapun kita berada dengan menggunakan koneksi WiFi maupun data melalui smartphone atau tablet. Untuk menambah jumlah unit cloud camera juga cukup mudah prosesnya dan dapat dilakukan melalui aplikasi tpCamera tersebut.

tpCamera-App-Screenshot-GG
Salah satu hal yang sangat menarik adalah
streaming video dari cloud camera juga dapat Gadgeteers lakukan melalui browser dengan cara mengakses http://www.tplinkcloud.com lalu login menggunakan akun yang telah kita buat sebelumnya di aplikasi tpCamera. Melalui web tersebut, kita dapat melakukan hal yang mirip seperti yang ada pada aplikasi tpCamera yaitu melakukan pengambilan gambar serta perekaman video. Fitur ini pastinya menambah fleksibilitas kita dalam mengakses cloud camera di PC/laptop manapun.

Web-TPLinkcloud-GG
Beberapa fungsi tambahan juga dapat Gadgeteers peroleh bilamana login ke dalam
web cloud camera TP-LINK NC200. Caranya dengan menuliskan IP Address ke dalam browser lalu lakukan login dengan akun dan password default yaitu admin dan admin. Di sini Gadgeteers akan disuguhkan tampilan layaknya yang ada di http://www.tplinkcloud.com namun dengan seabrek fitur-fitur keren yang salah satunya adalah motion detection.

Motion-Detection-TPLink-GG
Motion detection
merupakan fitur yang dapat diaktifkan melalui web dan berfungsi untuk mendeteksi adanya pergerakan pada titik-titik koordinat tertentu yang dapat kita tentukan letaknya guna meningkatkan akurasi deteksi pergerakan. Bilamana di titik tersebut terdeteksi gerakan, maka secara otomatis sang cloud camera akan memotret dan mengirimkan beberapa gambar jepretan ke alamat email yang telah kita tentukan sebelumnya. Pastinya fitur ini sangatlah bermanfaat bilamana kita ingin memantau sebuah pintu atau gerbang tertentu dari ancaman maling misalnya.

Kemudian fitur lainnya yang tidak kalah bermanfaat adalah wireless extender, di mana Gadgeteers bisa memanfaatkan cloud camera TP-LINK NC200 sebagai penambah jangkauan sinyal WiFi. Jadi bila fitur ini diaktifkan melalui web, maka cloud camera yang ditempatkan di ujung rumah misalnya, akan memancarkan sinyal WiFi dengan koneksi internet yang bersumber dari modem yang terhubung oleh cloud camera. Sebuah fitur yang menjadi nilai tambah tentunya karena mampu meningkatkan aksesibilitas sinyal WiFi ke segala ruangan sekaligus memantau keamanan ruangan tersebut.

WirelessExtenderTPLinkNC200
Cloud camera
TP-LINK NC200 mungkin bisa menjadi pilihan khususnya bagi Gadgeteers yang sedang mencari alternatif dari CCTV di mana teknologi CCTV belum dapat mendukung koneksi wireless dan cloud. Harganya yang terjangkau yaitu sekitar Rp 400 ribuan, serta segudang fitur yang dapat diandalkan mampu menjadi pilihan bagi Gadgeteers yang selalu mobile dan ingin memantau keadaan rumah/kamar dari manapun dan kapanpun.

Topik Hot Lainnya:   ASUS ZenBook UX410, Notebook Canggih Untuk Content Creator