Beranda Advertorial

Review TP-Link TL-WR941HP High Power Wireless Router Indonesia

289
0

Sebuah rumah atau kantor yang modern idealnya memiliki setidaknya sebuah jaringan internet yang memadai agar seluruh anggota keluarga mampu menikmati jaringan internet tanpa gangguan. Koneksi tersebut harus disebarkan oleh wireless router yang sanggup menjangkau seluruh bagian rumah sampai ke tiap sudut tanpa mengurangi kecepatan atau kestabilan koneksinya.

TP-Link sebagai salah satu produsen peralatan jaringan yang sudah sangat dikenal di Indonesia memperkenalkan sebuah wireless router yang tidak hanya memenuhi syarat di atas, namun juga memiliki fitur tambahan berupa mode range extender yang mampu memperluas jaringan Wi-Fi yang sudah ada sebelumnya, TP-Link TL-WR941HP.

tp-link-tl-wr941hp-3-antenna-gg

Tampil Garang dengan 3 High-Gain Antenna

Ketika melihat TP-Link TL-WR941HP untuk pertama kalinya, @GadgetGaul langsung mendapatkan kesan “garang”, karena wireless router ini memiliki 3 high-gain antenna berukuran di atas rata rata. Panjangnya sekitar 35 cm dengan diameter seukuran jari telunjuk orang dewasa. Dengan ukuran antena seperti ini, tidak heran jika TP-Link berani menjamin jangkauan wilayah yang bisa di-cover oleh TL-WR941HP.

Penampilan dari bodi wireless router-nya sendiri tidak kalah mentereng. Sesuai dengan 3 antena besar yang terhubung di belakangnya, bodi wireless router ini memiliki tiga tonjolan di bagian atas dan 2 tonjolan di bagian bawah yang berperan sebagai penopang. Di bagian atas, terdapat garis-garis diagonal berlubang yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara sekaligus menambah nilai estetika dari wireless router ini.

tp-link-tl-wr941hp-body-gg

Di bagian depan terdapat 6 garis lampu indikator untuk menandakan status dari sebuah koneksi, seperti status range extender (RE), Wi-Fi, power (PWR), WAN, LAN, dan WPS. Sementara di belakang terdapat 4 port Ethernet, tombol WPS, port “internet” untuk menghubungkan wireless router ini ke modem, lubang reset, tombol Wi-Fi, tombol power, dan DC port.

Fitur yang Selaras dengan Penampilan

Kesan yang cukup “mengintimidasi” dari TL-WR941HP tidak hanya diperlihatkan oleh penampilannya, namun juga fitur-fitur yang bisa Gadgeteers nikmati ketika menggunakannya. Dengan adanya 3 high-gain antenna, wireless router ini mampu memancarkan sinyal nirkabel seluas 9 dBi (satuan untuk mengukur gain dari sebuah antenna). Dibandingkan wireless router biasa yang hanya mampu memancarkan sinyal seluas 5 dBi, jangkauan TL-WR941HP yang hampir dua kali lipat lebih jauh tentu jadi fitur yang menarik.

tp-link-tl-wr941hp-led-indicator-gg

Kehadiran 3 antena tersebut juga didukung dengan amplifier bertenaga tinggi yang mampu memancarkan transmisi yang 5x lebih kuat dari wireless router biasa, sehingga sinyal yang dipancarkan pun mampu menjangkau wilayah yang lebih luas meskipun terdapat banyak halangan seperti tembok semen yang tebal sekalipun.

Sebagai tambahan, kuatnya jangkauan pancaran sinyal TL-WR941HP juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan dari wireless router lain karena TL-WR941HP bisa berperan sebagai range extender. Gadgeteers juga bisa mengontrol wireless router ini dengan aplikasi mobile TP-Link Tether yang bisa diunduh gratis melalui Play Store atau App Store. Aplikasi yang sudah mendapat penyegaran tampilan sehingga terlihat lebih bersih dan intuitif ini bisa digunakan untuk me-reset wireless router, memblok sebuah perangkat yang mencurigakan atau tidak dikehendaki, mematikan LED tanpa menghentikan fungsi wireless router, dan sebagainya.

tp-link-tether-gg

Jangkauan Luas yang Tidak Terbatas oleh Dinding

Topik Hot Lainnya:   Indosat Tidak Hanya Sekadar Ganti Nama Jadi Indosat Ooredoo

@GadgetGaul mencoba untuk menguji kemampuan TL-WR941HP dalam pemakaian nyata dengan membandingkan kemampuannya dengan wireless router standar lain yang memiliki satu antena. Untuk TL-WR941HP, SSIDnya diberi nama “GadgetGaul”, sedangkan wireless router yang menjadi pembanding diberi nama “GadgetGaul X”. Posisi kedua wireless router @GadgetGaul tempatkan secara bersebelahan pada sebuah ruangan di lantai 2 agar hasil akhir hanya dibedakan oleh kemampuan masing-masing wireless router. Pengujian dilakukan di gedung kost 5 lantai yang memiliki banyak tembok tebal. Hasilnya?

Kemampuan yang ditawarkan TL-WR941HP memang jelas lebih baik daripada wireless router biasa. Ketika @GadgetGaul baru keluar dari ruangan tempat kedua wireless router tersebut berada, sinyal yang ditangkap dari ponsel @GadgetGaul dari router biasa (GadgetGaul X) sudah berkurang satu bar, sedangkan sinyal yang ditangkap dari TL-WR941HP masih penuh alias full bar.

tp-link-tl-wr941hp-signal-strength-5-meters-gg

Ketika @GadgetGaul berjalan sejauh 15 meter dari lokasi kedua wireless router, pancaran sinyal dari wireless router biasa sudah berkurang hingga setengahnya. Meskipun terhalang oleh 3-4 tembok, TL-WR941HP masih mampu memberikan sinyal terbaik bagi ponsel @GadgetGaul. Sedangkan pada jarak 25 meter barulah sinyal yang diberikan TL-WR941HP terpangkas dua bar, namun jika melihat sinyal dari wireless router biasa yang sudah menghilang, sinyal dari TL-WR941HP terbilang impresif.

tp-link-tl-wr941hp-signal-strength-15-meters-gg

tp-link-tl-wr941hp-signal-strength-25-meters-gg

Cerita yang sama juga terulang ketika @GadgetGaul naik 1 lantai dari posisi awal. Dengan adanya halangan tembok antar lantai yang tentunya sangat tebal, sinyal dari TL-WR941HP hanya terpangkas satu bar dan sinyal dari wireless router biasa sudah terlihat “tenggelam” oleh jaringan wireless router lain yang berada di lantai yang sama dengan @GadgetGaul.

tp-link-tl-wr941hp-signal-strength-10-meters-gg

tp-link-tl-wr941hp-signal-strength-15-meters-2-floors-gg

tp-link-tl-wr941hp-signal-strength-20-meters-gg

Di lantai 4, beda dua lantai dari lokasi awal, TL-WR941HP masih menawarkan sinyal hingga tiga bar, sedangkan wireless router biasa sudah hilang tak berbekas. Yang membuat @GadgetGaul kagum dengan TL-WR941HP adalah kemampuannya yang bisa memancarkan sinyal hingga lantai 5, bahkan sinyal yang ditangkap ponsel masih mencapai dua bar! Jika Gadgeteers memiliki kantor setinggi 3 atau 4 lantai, Gadgeteers bisa meng-cover seluruh bagian kantor dengan jaringan internet hanya dengan sebuah TL-WR941HP.

Dengan harga resmi Rp749.000, TL-WR941HP tidak hanya tampil “wah” dengan 3 high-gain antenna-nya, namun wireless router ini juga bisa melayani Gadgeteers yang membutuhkan jaringan internet luas tanpa harus khawatir mengenai tembok tebal yang biasanya mengurangi efektivitas wireless router lain. Ditambah dengan fitur range extender dan aplikasi TP-Link Tether yang bisa mempermudah penggunaannya, @GadgetGaul memberikan nilai 4.5 dari 5 untuk TP-Link TL-WR941HP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − five =