Beranda Review

[REVIEW] Transfer Data Mudah Tanpa Kuota Internet Dengan SHAREit

1600
0

Sekarang ini, data seperti foto, dokumen, video dan lain sebagainya tidak hanya dapat disimpan dalam satu media saja. Contohnya, sering kali kita ingin memindahkan data foto yang terdapat dalam ponsel ke dalam laptop maupun komputer, tetapi kadang hal tersebut menjadi menyusahkan karena file yang proses-nya ribet atau pun kalau tidak ribet, ya memakan waktu lama, apalagi kalau mengingat ukuran file yang dikirimkan itu tidak sedikit dan tidak kecil.

Nah, ada solusinya, yakni dengan menggunakan aplikasi SHAREit. Lantas apa sih perbedaan SHAREit dengan Bluetooth maupun sarana transfer file lainnya?

PicsArt_12-03-09.00.46

SHAREit menggunakan sistem Wifi Direct, sehingga memanfaatkan konektivitas Wifi sebagai media pengiriman datanya. Kendati begitu, jaringan yang digunakan merupakan jaringan pribadi dan tidak mempengaruhi kuota penggunanya. Sehingga saat menggunakannya biasanya Gadgeteers diminta untuk menghentikan mobile data pada perangkat atau mematikan Wifi terlebih dahulu. Kedua perangkat yang akan melakukan serah-terima file harus dalam satu jaringan Wifi yang sama. Kendati begitu jaringan tersebut tidak terhubung dengan internet, jadi digunakan sebagai sarana pemindahan data saja.

Keuntungan yang Gadgeteers dapat adalah perangkat dapat mengirim file dengan cepat dan dapat dipastikan lebih cepat daripada menggunakan Bluetooth. Sampai saat ini, SHAREit tersedia dalam berbagai platform dan file yang dikirim pun tidak terpaku pada sistem operasi yang digunakan oleh pengirim maupun penerima.

Dengan menggunakan SHAREit Gadgeteers dapat lebih menghemat waktu, mengirim file yang ukurannya sampai bergiga hanya diterima dalam waktu hitungan menit saja. Jadi, SHAREit ini merupakan salah satu solusi Gadgeteers dalam pengiriman data sebagai back-up maupun keperluan lainnya.

PicsArt_12-03-09.01.18

Kendati begitu, bukan berarti SHAREit tidak memiliki kekurangan. Kadang untuk beberapa pengguna, SHAREit masih terkesan ribet karena Wifi Direct-nya tidak terkoneksi dengan benar. Selain itu, apabila perangkat berbeda OS, sinkronisasi terasa lebih menyulitkan pengguna. Contohnya adalah ketika akan mengirim file dari perangkat Android ke PC maupun sebaliknya, atau dari perangkat iOS ke Android maupun sebaliknya. So far so good, bagi beberapa pengguna SHAREit lebih efektif digunakan bagi sesama iOS, karena lebih cepat dan tidak ribet daripada lintas OS.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Criminal Case, Wujudkan Mimpimu Menjadi Seorang Detektif

Dengan begitu, SHAREit ini mendapatkan nilai minus dari poin yang telah dijelaskan di atas. Maka nilai yang patut didapatkan oleh SHAREit sebagai aplikasi sarana pemindahan data adalah 90 dari skala 10 sampai 100. Oh iya, dalam aplikasi ini juga ada iklan lho, tetapi tidak terlalu menganggu dan tidak terlalu menjengkelkan. Untuk dapat menggunakannya, Gadgeteers dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store untuk Android, App Store untuk iOS dan Windows Store untuk pengguna Windows Phone. Untuk Gadgeteers yang menggunakan platform PC/laptop dapat mengunduhnya di sini dan bagi Mac user di sini.

featured image via play.google.com

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + sixteen =