Beranda Review

[REVIEW] X-Igent “Tombol Panik” Keselamatan untuk Kota Bandung

3
0

Bekerja sama dengan developer aplikasi Idea Plus Indonesia, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menghadirkan “Tombol Panik” untuk kota Bandung. Tombol panik tersebut menempel pada aplikasi X-Igent milik developer Idea Plus Indonesia tadi.

Jadi, bila pengguna aplikasi X-Igent berada di Bandung, pesan darurat tersebut tidak hanya dikirimkan kepada kerabat, tetapi juga ke Bandung Command Center yang bekerja sama dengan Pemkot Kota Bandung dan Telkom Indonesia.

Kasus

“Tombol Panik” atau X-Igent ini dapat digunakan oleh Gadgeteers dalam keadaan darurat, seperti kecelakaan atau perampokan misalnya. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini tidak terlalu ribet kok, pertama kali yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan diri dengan mengisi data lengkap. Data-data tersebut yaitu nama lengkap, nomor ponsel, e-mail dan kata sandi. Selain data tersebut ada juga data orang terdekat, atau istilahnya mungkin kerabat yang menjadi orang kepercayaan Gadgeteers.

img1438505015380

Untuk apa kita memasukan nomor atau data orang terdekat tersebut? Jadi ketika Gadgeteers berada dalam bahaya atau keadaan darurat, maka kontak-kontak tersebut lah yang akan dihubungi oleh aplikasi ini. Bonusnya bila berada di kota Bandung, pesan tersebut juga akan tersampaikan ke Bandung Command Center sehingga petugas bisa mengidentifikasi lokasi dan identitas lengkap pelapor segera setelah pelapor menekan tombol SOS tersebut.

img1438504978044

Selain sebagai tombol darurat, X-Igent “Tombol Panik” ini juga bisa menjadi pertolongan bila Gadgeteers bingung mencari tempat-tempat pelayanan umum seperti, SPBU, rumah sakit, kantor polisi, dan lain sebagainya. Caranya mudah, sebelum masuk ke aplikasinya nyalakan dulu GPS sehingga aplikasi dapat mendeteksi lokasi dan tempat pelayanan umum yang paling dekat dengan Gadgeteers.

Menariknya, aplikasi X-Igent ini menyediakan fitur widget dan shortcut key, sehingga kita tidak harus masuk ke dalam aplikasi bila sedang dalam keadaan darurat. Smartphone kita tidak harus bekerja dua kali untuk membuka aplikasi X-Igent ini.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Linken, Game Puzzle Minimalis yang Bikin Ketagihan

Walaupun penggunaan aplikasi ini mungkin butuh waktu untuk diterima oleh masyarakat namun kehadirannya tentu bermanfaat dalam keadaan darurat, nilai sosial dari aplikasi ini bisa menjadi nilai plus untuk membuatnya berada di smartphone Gadgeteers. X-Igent sendiri juga merupakan kreasi anak Bandung dan diharapkan dapat membawa keselamatan kepada penggunanya. Untuk dapat menggunakannya pastinya Gadgeteers harus mengunduhnya dulu dari toko aplikasi Google Play Store.

diedit oleh Winarso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 5 =