Setelah cukup lama dinantikan, ASUS meresmikan kehadiran lini laptop gaming terbarunya, ROG G752. Sebagai pemimpin utama di era digital, kehadiran laptop gaming tersebut semakin mempertegas komitmen ASUS untuk terus mempersembahkan gaming machine yang mumpuni bagi kalangan gamer.

Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia, mengatakan, dengan ASUS ROG G752, pihaknya yakin bahwa ASUS akan mampu kembali mendulang kesuksesan di ranah laptop gaming di Indonesia seperti yang pernah dicapai di tahun 2015 lalu. “ASUS ROG G752 akan menjadi salah satu pionir utama kami di tahun ini,” ucap Juliana.

ROG G752 memiliki desain istimewa dengan mengadopsi konsep tampilan ala Iron Man menggunakan bahan Titanium Gray plus yang mengandung bahan tembaga,” sebut Juliana. “Adaptasi tersebut menimbulkan pengaruh yang sangat kuat pada laptop ini, berupa kesan mewah dan futuristik,” sambungnya.

Selain itu, menurut Juliana, di era perkembangan dunia digital yang semakin masif, kebutuhan akan hiburan juga semakin meningkat salah satunya melalui game. Kini seseorang, tidak hanya senang bermain game namun juga gemar merekam dan memamerkan permainan tersebut di media sosial,” kata Juliana.

Asus-ROG-Back-GG

Guna mendukung performa yang andal ketika bermain game, ASUS menyematkan kartu VGA paling mutakhir dari Nvidia di ROG G752. “Nvidia Geforce GTX980M memiliki dukungan VRAM DDR5 sebesar 8GB. Jarang ada laptop gaming di Indonesia memiliki kapasitas RAM pada GPU-nya sebesar itu,” ucapnya lagi.

G752 memiliki 2 varian yang berbeda dari sisi kapasitas penyimpanan dan grafis. Namun semua model telah mendukung teknologi Nvidia G-Sync. Secara umum, fitur tersebut berguna untuk meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih sempurna dengan meniadakan lag atau frame yang patah pada layar.

G-Sync dapat mengeliminasi gambar yang terlihat robek atau patah di layar maupun lag, yang diakibatkan oleh tidak terjadinya sinkronisasi antara kecepatan rendering layar dan GPU,” Juliana menjelaskan. “Tampilan yang robek tersebut lazim disebut sebagai tearing,” ucapnya.

Kecanggihan yang terdapat pada kartu grafis tersebut digabungkan dengan teknologi eksklusif ASUS bernama TurboGear yang memungkinkan pengguna melakukan overclock pada GPU untuk meningkatkan performa saat bermain game.

Solusi Pendingin yang Cerdas

Asus-ROG-Vapor-Chamber-GG

Pada laptop gaming mutlak diperlukan sistem pendingin untuk memastikan kenyamanan serta keamanan perangkat tetap baik, meski digunakan dalam intensitas kinerja yang sangat tinggi. Sebagai mesin game berkuatan tinggi, tentu saja ROG G752 memiliki sistem pendinginan yang telah dirancang dengan cerdas serta lebih dari satu.

Sistem pendinginan pada laptop gaming rancangan ASUS menjadi salah satu aspek paling krusial. Kami mendesain sistem pendingin ini dengan begitu hati-hati serta teliti, agar mampu menghasilkan solusi pendinginan komprehensif,” kata Juliana.

Juliana melanjutkan, sistem pendinginan laptop ini telah ditingkatkan dengan menggunakan teknologi dual copper (menggunakan 2 kipas berbahan tembaga) untuk menjaga suhu tetap rendah, bahkan selama sesi overclocking demi menjamin stabilitas. Kipas pendinginnya pun telah terpatri di GPU dan CPU untuk memaksimalkan efisiensi kinerja.

Ada 3 buah heatpipe (pipa pengalir panas) yang mengarah langsung pada GPU untuk mengalirkan panas keluar. Panas yang keluar pun diklaim ASUS tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna sebab ventilasi udara telah didesain untuk membuang hawa panas pada bagian belakang laptop, bukan ke samping atau bawah.

Sebuah laptop gaming pastinya akan memiliki beban panas yang lebih tinggi daripada  laptop mainstream. Oleh karena itu, sambung Juliana, ASUS juga merancang ROG G752 dengan 3D Vapor Pipe Chamber.

G752 adalah laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan teknologi 3D Vapor Chamber sebagai solusi saat perangkat bekerja sangat berat untuk mengolah gambar dengan baik. Ketika reproduksi panas mulai terjadi pada komponen CPU dan GPU, akan langsung dinetralisir oleh cairan yang terdapat pada ruang uap tersebut.

Tidak hanya itu, ROG G752 juga memiliki solusi manajemen panas bernama Anti Dust Thermal Tunnel. Fitur tersebut secara eksklusif didesain untuk membuang debu dan kotoran yang mungkin menumpuk pada kipas sehingga tidak menempel pada heatpipe. Hal tersebut juga akan meningkatkan performa dari sistem pendingin.

Keyboard Khusus untuk Hardcore Gamer

Asus-ROG-Keyboard-GG

Seorang hardcore gamer juga memerlukan laptop gaming dengan keyboard yang memiliki tingkat kenyamanan serta usabilitas yang mumpuni. ASUS ROG G752 memiliki kemampuan untuk menopang hal tersebut serta dilengkapi dengan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

ASUS ROG G752 memiliki keyboard dengan segudang fitur yang wah dan mengesankan. Antara lain fitur Anti Ghosting dan tombol makro,” sebut Juliana. “Fitur tersebut memungkinkan para gamer menekan hingga 30 tombol pada waktu bersamaan tanpa mengalami gangguan” sambungnya lagi.

Pengguna juga akan semakin dimudahkan dengan 5 tombol makro yang dapat menambah pengalaman bermain game semakin baik. Sebuah tombol baru juga turut disematkan, yakni recording key untuk merekam permainan yang sedang berjalan. Pengguna dapat merekam permainan menggunakan tombol record yang terletak berdekatan dengan tombol makro. Papan ketiknya pun dirancang dengan tingkat kedalaman 2,5mm untuk memastikan kenyamanan terbaik saat bermain.

Segudang Fitur yang Ramah Gamer

Asus-ROG-GameFirst3-GG

Semua fitur-fitur unggulan yang disematkan khusus untuk ROG G752 semakin disempurnakan dengan spesifikasi kelas atas. Prosesor Intel Core i7-6700HQ Skylake, layar berteknologi Full HD dan penyimpanan bertipe PCIE4 SSD dan sistem operasi Windows 10 sudah disediakan.

Laptop untuk kebutuhan gaming akan memaksa perangkat untuk bekerja lebih keras dari biasanya,” kata Juliana. “Namun penggunaan Intel Skylake akan menjaga perangkat tetap hemat dan efisien dalam hal konsumsi daya,” jelasnya lagi.

Hal lainnya, antarmuka berbasis NVMe di dalam G752 akan membuat SSD semakin gegas dan cepat mengolah (read/write) perintah. Kemampuan sequential read meningkat menjadi 1423 MB/s dibandingkan dengan teknologi interface AHCI yang berkecepatan 914 MB/s . Sedangkan kecepatan sequential write menjadi 2236 MB/s. Proses tersebut akan mengakibatkan sistem berjalan lebih cepat yang akhirnya membuat gameplay berjalan semakin mulus.

ROG G752 masih memiliki sejumlah fitur yang ramah terhadap gamer yakni GameFirst III. Perangkat lunak tersebut akan memberikan pengalaman semakin nyaman kepada pengguna saat bermain game online. Adapun layar beresolusi Full HD (1920×1080) turut dilengkapi dengan fitur wide view angle, teknologi G-Sync, serta sharp display sehingga pengguna akan tetap dapat memandang layar dengan jelas dari sudut yang tajam sekitar 178o sekalipun. Layarnya juga mampu menampilkan kejernihan dan kualitas tampilan berbagai konten multimedia secara tajam.

GameFirst III akan mengalokasikan kapasitas bandwith internet lebih besar untuk game yang sedang dimainkan. Ia akan meminimalisir gangguan yang muncul saat bermain game online yang biasanya diakibatkan oleh menurunnya kualitas jaringan internet akibat konsumsi data yang terbagi-bagi untuk aktivitas lainya semisal browsing, download, dan lainnya.

Satu lagi, fitur bernama Nahimic Sound akan membuat penggila game FPS (Fist Person Shooter) jatuh cinta. Pasalnya, fitur ini mampu membuat audio mengeluarkan suara yang sangat mengesankan ketika bermain game.

Saat pengguna sedang asyik bermain game, ia juga tak perlu khawatir dengan panggilan atau chatting yang sedang dilakukan. Nahimic Sound mampu meredam noise yang terjadi sehingga video call atau komunikasi yang sedang dilakukan dengan sesama gamer akan berjalan mulus, tanpa terganggu dengan suara-suara di background.

Spesifikasi ASUS ROG G752VY

3.5GHz Intel Core i7-6700HQ (6M Cache), 8GB DDR4 RAM, 1TB 7200RPM HDD, DVD Super-Multi, nVidia GeForce GTX90M 8GB DDR5, HD Webcam, WiFi b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, Azalia compliant audio chip, 2x USB 3.0 ports + 1x USB 2.0 port, 1x VGA port/Mini D-sub 15-pin, 1x HDMI, 8-cells 90Wh battery, 17.3-inch (1920 x 1080) IPS display, Windows 10

Dimensi : 385 x 255 x 32.4mm
Garansi : 2 tahun global
Aksesoris : Gaming backpack
Harga resmi : Rp30.299.000

 Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.