Beranda Tips

Saatnya Upgrade ke 4K?

15
0

Mungkin para gadgeteers masih ingat dengan tren TV 3D beberapa tahun lalu. Setiap masuk ke toko elektronik, yang menjadi bahan perhatian utama adalah TV 3D berukuran besar yang digadang-gadang bisa menghasilkan pengalaman menonton layaknya di bioskop 3D. Tapi ternyata teknologi 3D hanya menjadi gimmick semata dan mulai ditinggalkan oleh para pabrikan yang lebih menyasar 4K di awal tahun 2014 ini.

Perbandingan-Resolusi-GG
Ilustrasi Resolusi 4K dibanding 1080p (sumber: wikipedia)

Resolusi 4K merupakan pengembangan lebih lanjut dari resolusi fullHD (1920×1080), dimana 4K memiliki resolusi 4 kali dari fullHD (4096×2160). Dengan resolusi yang jauh lebih besar, 4K digadang-gadang mempunyai ketajaman gambar yang lebih realistis dan menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik. TV 4K kelas konsumen (walaupun terbatas ke kelas high-end) sendiri sudah tersedia dari akhir tahun 2013, namun tentu saja masalah yang sama dengan awal kemunculan TV fullHD dan 3D muncul.

Konten 4K masih relatif sedikit, jika dibandingkan dengan perkembangan hardware yang bisa menampilkan konten 4K. Walaupun beberapa TV sudah mempunyai fitur upscale yang mengangkat resolusi dari konten fullHD menjadi 4K, tentu saja gambar yang dihasilkan tidak akan setajam konten 4K asli.

LG-4K-84-GGLG 4K 84 Inch (sumber: lg.com)

Namun tahun 2014 bisa saja merupakan tahun dimana 4K akan mulai bersinar. Di ajang NAB 2014, pameran dimana pabrikan-pabrikan yang berkonsentrasi di bidang broadcast dan cinema memamerkan barang-barang dan produk-produk terbaru mereka, kamera-kamera yang mendukung perekaman 4K sudah mulai bermunculan, baik dari kelas konsumer seperti Sony AX-100, sampai ke kelas professional seperti Blackmagic URSA.

Hal tersebut menambah kamera-kamera video dengan resolusi 4K yang selama ini didominasi oleh RED. Tentu saja ponsel-ponsel high-end sendiri sudah mulai bisa merekam 4K walaupun tentu saja kualitasnya masih bisa ditingkatkan dalam beberapa tahun ke depan.

Topik Hot Lainnya:   Kehilangan Laptop di CES 2017, Razer Siapkan Rp300 Juta untuk Pemberi Informasi

BlackmagicDesign-URSA-GGBlackmagic Design URSA (sumber: philipbloom.net)

FIFA dan Sony juga sudah bekerja sama untuk menampilkan siaran Piala Dunia 2014 di Brazil dalam resolusi 4K. Mungkinkah dalam beberapa tahun ke depan kita akan melihat stasiun TV di Indonesia mempunyai program siaran 4K? Mari kita berharap bersama.

featured image via techradar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 14 =