Beranda Berita

SD Express, Format Baru Kartu SD dengan Kecepatan Transfer Hingga 985MB per Detik

12
0

Asosisasi Secure Digital (SD) baru saja mengumumkan spesifikasi versi 7.0 baru untuk kartu SD, dengan pembaruan di dua area yang secara signifikan meningkatkan kapasitas potensial kartu memori di masa depan, serta meningkatkan kecepatan transfer data sampai dengan 1 gigabyte per detik atau setara dengan kecepatan yang ditawarkan oleh SSD namun dalam bentuk yang ringkas.

Pembaruan pertama dan paling disorot adalah “SD Express,” format terbaru yang sudah mendapatkan dukungan antarmuka PCIe 3.0 dan NVMe 1.3 sehinga memberikan kecepatan konektivitas antara perangkat dan memori. Menurut keterangan resminya, kartu ini akan nantinya dapat menghasilkan kecepatan transfer mencapai 985 megabyte per detik, kendati belum jelas apakah kecepatan ini akan berlaku untuk baca dan tulis, atau hanya satu di antaranya.

26617-38212-sd-express-speeds-l

Sebagai pembanding, kecepatan standar kartu memori UHS-III saat ini hanya mencapai 624 megabyte per detik, itupun dengan mengombinaikan standar UHS-I, UHS-II serta High Speed. Konektivitas berkecepatan tinggi ini memungkinkan penggunaan antarmuka PCIe, tetapi kartu yang menggunakan spesifikasi ini tetap dapat digunakan di pembaca kartu versi lama.

Pembaruan lainnya, “Kapasitas Ultra SD,” adalah perluasan penyimpanan yang tersedia. Sementara kartu SD generasi saat ini dapat menawarkan kapasitas maksimum 2 terabyte, standar baru menyarankan kartu Kapasitas Ultra dapat menawarkan hingga 128 terabyte penyimpanan.

“Dengan SD Express, kami menawarkan memori kartu di level performa yang sama sekali baru dengan protokol yang lebih cepat, menjadikannya seperi SSD yang dapat dilepas,” kata ketua SD Association Hiroyuki Sakamoto. “SD 7.0 memberikan inovasi revolusioner untuk mengantisipasi kebutuhan perangkat masa depan dan konten yang kaya dan aplikasi yang butuh ruang simpan lebih banyak.”

SD Express disebut sengaja dibuat untuk pengguna yang membutuhkan dukungan transfer data dalam jumlah besar, termasuk menangkap video gerak lambat super, mode burst RAW terus menerus, pengambilan video 8K, video 360 derajat, game, otomotif, dan perangkat Internet of Things.

Topik Hot Lainnya:   Mengenal Istilah "Class" Pada Kartu Memori

via Sdcard.org
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − thirteen =