Beranda Berita

Sebelum Akhir Tahun, Nonton YouTube Harus Membayar?

1
0

Buat Gageteers yang suka menjelajahi internet, pasti pernah menonton video di Youtube, atau malah mungkin Youtube menjadi ritual wajib. Sebelum 2015 berakhir, mungkin pengalaman Gadgeteers dalam menikmati tontonan video di Youtube akan berbeda dibandingkan sebelumnya.

Menurut beberapa sumber, Youtube berencana akan meluncurkan 2 layanan yang baru, yaitu Music Key, layanan musik yang versi betanya sudah diluncurkan sejak November tahun lalu.

Buat Gadgeteers yang belum tahu apa itu Music Key, itu adalah layanan musik berbayar yang disediakan Youtube dengan keunggulan kualitas musik yang lebih baik dan bebas iklan. Selain itu, para pengguna di perangkat mobile juga bisa me-minimize musik yang didengarkan melalui Youtube, sesuatu yang selalu didambakan para pengguna. Untuk saat ini, Music Key masih menggunakan sistem invite untuk bisa mencoba layanan itu.

30001

Layanan yang 1 lagi adalah sebuah layanan yang belum mempunyai nama, tetapi sangat mungkin untuk diluncurkan. Layanan ini menargetkan para content creator premium yang sudah mempunyai banyak subscriber dan memiliki kualitas pembuatan video yang tinggi. Sistem ini membutuhkan para pengguna untuk membayar biaya berlangganan di Youtube dan mendapat keuntungan seperti video bebas iklan dan bisa mendukung lansung para content creator yang mereka sukai, karena Youtube akan membayar mereka ketika kita berlangganan untuk menonton video mereka tanpa iklan.

Sebelumnya Youtube juga sudah menyediakan layanan sewa video seperti film-film yang biasa kita tonton di bioskop (sekarang kita juga bisa menyewa video di PlayStore). Bahkan ada film yang cuma bisa kita temui di Youtube, seperti film the interview yang kontroversial.

30002

Dengan pengguna yang sudah melebihi 1 miliar orang dan didukung oleh perusahaan sekaliber Google, tentunya Youtube bisa dengan mudah menerapkan sistem yang baru ini. Para pengguna jadi memiliki pilihan untuk menikmati video gratis dengan beberapa keterbatasan dan diselingi iklan (seperti sekarang), atau membayar untuk menonton video tanpa gangguan dan mempunyai beberapa keuntungan lebih, seperti (mungkin) bisa mengakses video baru 1 minggu lebih cepat dibandingkan pengguna gratis.

Topik Hot Lainnya:   Bukan iPhone, Xiaomi Mi Note 2 Bakal Contek Desain Galaxy Note 7

Memang banyak platform lain yang menyediakan layanan musik dan video yang tidak kalah bagusnya dibanding Youtube seperti Spotify dan Netflix, tetapi dengan beragamnya jenis video yang terdapat di Youtube, dari sekedar video amatir sampai video yang dibuat dengan sangat profesional, tentunya Youtube menawarkan keunggulan yang lebih dibanding pesaingnya.

via Theverge.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + sixteen =