Beranda Berita

Selama Lebaran Traffic Pengguna XL Naik 26% tapi Keluhan Turun 20%

5
0

Kemarin (13/08) Operator telekomunikasi lokal XL yang berada di bawah bendera PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar acara halal bihalal sekaligus mempresentasikan sejumlah data terkait aktivitas pengguna produk mereka sepanjang lebaran tahun 2014. Dalam rilis pers resminya XL mengklaim perusahaan telah sukses menghantarkan kualitas jaringan terbaik dengan bukti data bahwa 99,94% jaringan XL tersedia tepat di hari H lebaran.

Ketersediaan jaringan yang hampir 100% diikuti oleh peningkatan lalu lintas data dan SMS di H-1 dan H-2 sebesar 27,7% dan 26,1 % ketimbang hari-hari biasa. Sementara untuk lalu lintas percakapan tercatat mengalami penurunan. Tingginya tingkat popularitas berbagai aplikasi pesan seperti Facebook, Twitter, Path, WhatsApp, LINE, BBM dan aplikasi lain memiliki andil besar terhadap peningkatan lalu lintas data yang dialami oleh jaringan XL.

20140813_194251

Banyaknya ragam paket data yang ditawarkan juga ditengarai jadi faktor lain sebagaimana pertumbuhan pasar tablet dan smartphone yang kian positif di sepanjang tahun 2014. XL mengklaim bahwa sektor data berkontribusi besar terhadap pendapatan perusahaan, per 2014 terdapat peningkatan sebesar 22% menjadi 26% dibandingkan dengan tahun lalu.

Indikasi kesuksesan XL dalam memberikan layanan terlihat pula dari minimnya gangguan yang terjadi meski lonjakan penggunaan jaringan yang melakukan akses layanan suara, SMS, juga data tidaklah sedikit. XL bahkan mengklaim bahwa keluhan pelanggan dari tahun ke tahun turun sebesar 20%.

20140813_194210

Kepada media, Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan,“XL berkomitmen untuk terus memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pelangan, baik melalui peningkatan kualitas jaringan, inovasi layanan ataupun penyediaan layanan dengan tariff yang terjangkau dan transparan. Kami bersyukur, selama Ramadhan dan Lebaran kemarin, XL tetap mampu menyediakan layanan dengan harga yang terjangkau dan didukung dengan kualitas jaringan yang handal. Bahkan, ketika operator lain secara diam-diam menaikkan tarif layanannya pada saat Idul Fitri, XL tetap mempertahankan tarif yang berlaku saat ini agar mampu dijangkau oleh semua kalangan masyarakat dan pelanggan XL”.

Topik Hot Lainnya:   Axis Luncurkan Paket Data "Bronet 4G Owsem", Mulai Rp20 Ribuan untuk 30 Hari

Sadar betul momen lebaran menjadi hari istimewa bagi masyarakat, jauh-jauh hari XL telah melakukan berbagai upaya secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) misalnya dengan menjalankan program perawatan jaringan secara intensif dan reguler meliputi perawatan piranti lunak dan keras. Di sisi lain dilakukan pula langkah penambahan kapasitas dan pengaturan keseimbangan lalu lintas sebelum Lebaran sehingga sumber daya layanan dapat diarahkan ke layanan yang berpotensi melonjak tajam selama Lebaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − nine =