Beranda Games

Selamat Ulang Tahun ke-30, Tetris!

11
0

Tetris diciptakan oleh Alexey Pajitnov dari Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Moskow pada 6 Juni 1984. Dengan perangkat tanpa kemampuan grafis, Pajitnov menciptakan blok-blok pada Tetris menggunakan susunan teks. Meski dengan sedikit grafis, dia melihat banyak orang yang menyukainya bahkan dia juga menemukan versi tidak resmi yang dibuat di negara lain.

Karena menginginkan game tersebut dapat dinikmati di seluruh dunia tapi khawatir usahanya dianggap salah oleh Pemerintah Soviet, Pajitnov memberikan hak cipta Tetris ke pemerintah. Perusahaan Amerika Serikat, Spectrum HoloByte adalah perusahaan pertama yang memproduksi Tetris versi internasional dan dengan demikian Tetris menjadi game pertama yang diekspor oleh Uni Soviet.

Tetris-Klasik-GG
Meski demikian, Henk Rogers adalah orang di balik kesuksesan Tetris seperti yang kita kenal hari ini. Henk Rogers mengetahui Tetris saat ia mengunjungi Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas pada tahun 1988, mencoba dan langsung ketagihan game tersebut. Henk Rogers terbang ke Moskow untuk negosiasi ke Pemerintah Uni Soviet untuk mendapatkan hak distribusi Tetris internasional penuh.

Tetris-Creator-Licensee-GGHenk Rogers (kiri) – Alexey Pajitnov (kanan)

Tahun 1989 Tetris diluncurkan di Nintendo GameBoy dan dengan cepat menjadi salah satu game paling popular yang pernah dirilis. Setelah itu, praktis hampir setiap konsol dan sistem operasi memiliki Tetris baik secara resmi maupun tidak termasuk lebih dari 100 juta kopi hanya di ponsel.

Tetris-Modern-GG
Henk Rogers membangun The Tetris Company pada tahun 1996 setelah mendapatkan lisensi eksklusif dari Alexey Pajitnov. Awal tahun ini The Tetris Company mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian untuk membawa Tetris ke Xbox One dan PlayStation 4.

Hari ini, 6 Juni 2014, Hari Tetris Dunia dan sekaligus menandakan ulang tahun ke-30 salah satu game legendaris dunia tersebut.

Topik Hot Lainnya:   Game Fighting terbaik untuk Play Station 4

sumber : neowin.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × five =