Beranda Berita

Setelah “Gadis Mabuk”, Facebook Kembali Disatroni Malware Tak Senonoh

4
0

Beberapa bulan yang lalu Facebook dibuat heboh dengan kemunculan malware yang dinamai “gadis mabuk”. Bahkan saat malware gadis mabuk belum sepenuhnya mereda, pengguna Facebook lagi-lagi didera serangan malware berbau pornografi untuk menarik klik.

Malware tak senonoh ini menyebarkan diri dengan mem-posting tautan ke video tak senonoh dan menurut klaim The Inquirer, Rabu (4/2/2015) sedikitnya sudah ada lebih dari 110.000 pengguna Facebook terinfeksi hanya dalam hitungan dua hari.

Cara kerja dari malware ini tak jauh berbeda dengan program jahat gadis mabuk, dimana malware akan mempublikasikan tautan disertai dengan gambar atau video dan kemudian menandai profil Facebook teman sehingga berefek viral dan sulit dihentikan.

cyberwarzone.com
cyberwarzone.com

Dalam setiap aksinya, malware akan menandai 20 teman untuk dibagikan. Pengguna yang tidak waspada akan dengan mudah terjebak oleh perangkap ini. Terlebih video yang digunakan biasanya video-video panas yang bisa dibilang ampuh menarik perhatian banyak orang.

Pengguna yang terjebak biasanya akan mengikuti arahan malware dengan mengklik tautan yang akan menampilkan tayangan video. Beberapa saat kemudian script akan meminta pengguna untuk mengunduh flash player dengan berbagai alasan, biasanya dengan dalih flash player sudah usang sehingga perlu di-update.

Jika dituruti maka malware akan menginfeksi komputer pengguna dan mengendalikan semua informasi yang terdapat di dalam perangkat.

via Theinquirer.net
featured image via Cyberwarzone.com

Topik Hot Lainnya:   #VideoSunday Kantor Pusat Google, Apple dan Microsoft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 20 =