Beranda Berita

Setelah Hilang 2 Tahun, Kamera GoPro Ditemukan Rekam Pemandangan Luar Biasa

5
0

Di Youtube, banyak sekali video yang bisa kita temukan mengenai kecanggihan GoPro. Dimulai dari aktivitas menuruni gunung curam, berselancar di atas ombak ganas, sampai skydiving dari ketinggian ribuan meter seperti terdengar biasa. Tetapi video yang satu ini membawa penggunaan GoPro ke level yang “lebih tinggi”, yaitu pemandangan Grand Canyon dari stratosfer.

Uniknya, proses dari awal persiapan sampai video ini bisa dilihat oleh publik membutuhkan waktu 2 tahun karena terjadi kesalahan perhitungan.

Kejadian ini bermula dari kegiatan penelitian para mahasiswa di Arizona yang ingin meneliti apa yang bisa direkam oleh GoPro mereka jika dipasang di balon udara. Walaupun berstatus mahasiswa, persiapan mereka terbilang matang, mereka mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menguji parasut, menghitung arah angin, dan membuat sendiri chassis kamera GoPro mereka khusus untuk project ini dengan 3D printer.

Pada awalnya semua berjalan dengan baik. Mereka membawa GoPro mereka ke titik 32KM dari barat Grand Canyon dan menerbangkannya. Kurang dari 2 jam, kamera ini sudah berada 30KM dari permukaan bumi dan menurut perhitungan sudah bisa merekam pemandangan bumi dengan jelas. Tetapi sebaik apapun persiapan, terkadang ada hal yang ada di luar perhitungan.

Pendaratan yang seharusnya sudah diperhitungkan dengan baik menjadi berantakan karena mereka kehilangan sinyal GPS. Kejadian ini tidak pernah terpikir karena mereka sudah mempunyai peta jangkauan sinyal dari AT&T (operator di Amerika) dan mengikuti panduan disana. Tapi siapa yang menyangka kalau peta itu tidak akurat. Pada akhirnya, mereka tidak pernah mendengar kabar dari kamera itu dan merelakannya.

Bisa dibilang AT&T adalah penyebab gagalnya project ini karena menyediakan data yang tidak akurat. Tapi lucunya, AT&T pula yang “menghidupkan” kembali project ini. Setelah 2 tahun hilang, GoPro para mahasiswa itu ditemukan oleh karyawan AT&T yang sedang mendaki di wilayah itu. Dia melihat jenis kartu SIM yang digunakan dan melacak pemiliknya dan mengembalikan semua data yang seharusnya dapat dinikmati 2 tahun yang lalu. Gadgeteers bisa menonton hasil rekaman GoPro itu di video ini.

Topik Hot Lainnya:   OPPO F1s, Suksesor F1 dengan Kamera Depan yang Semakin Canggih

via sciencealert.com
diedit oleh WN