Beranda Aplikasi

Sikap Uber, GrabTaxi dan GoJek Hadapi Aksi Teror di Sarinah

7
0

Dua hari yang lalu, Indonesia digemparkan dengan aksi terorisme yang melanda ibukota. Kawanan teroris melancarkan serangan bom ke beberapa titik di daerah Sarinah, Jakarta Pusat, disusul dengan aksi baku tembak dengan polisi. Tak pelak, kondisi tersebut menimbulkan ketegangan bagi masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Saat ini aksi teror tersebut telah berakhir dan suasana telah kembali kondusif. Tapi kejadian kemarin tetap menyisakan cerita menarik, terutama soal kesigapan para penyedia layanan transportasi umum berbasis aplikasi seperti Go-Jek, GrabTaxi, dan Uber, untuk mengevakuasi masyarakat yang berada di daerah sekitar ke tempat yang lebih aman.

Beberapa saat setelah pengeboman berlangsung, GrabTaxi mengumumkan kalau mereka menyediakan tumpangan gratis tanpa perlu memasukkan kode promo apapun melalui akun Twitter mereka. Layanan tersebut bisa dinikmati di seluruh wilayah Jakarta dengan biaya maksimal Rp50.000. Walau terbatas, tapi sudah pasti jarak tersebut lebih dari cukup untuk segera keluar dari wilayah kejadian.

15005

Kebijakan yang sama turut dilakukan oleh Go-Jek yang menggratiskan layanan Go-Ride untuk wilayah Jabodetabek. Tidak ada keterangan resmi mengenai jarak maksimal yang bisa ditempuh.

15006

Uber juga tidak mau ketinggalan untuk merespon kejadian ini dengan membebaskan biaya perjalanan dari daerah Sudirman dan Thamrin. Dengan adanya ketentuan seperti itu, para pengguna tidak akan bisa sembarangan memanfaatkan kebijakan ini untuk tujuan selain evakuasi. Biaya maksimal dari kebijakan ini adalah Rp100.000

15004

Sikap dari layanan transportasi online ini tentunya patut diancungi jempol, karena mereka mengutamakan keselamatan masyarakat di dalam situasi darurat seperti kemarin.

via Viva.co.id

diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Line Garap Drama Mini Lagi, Berjudul "Nic and Mar", Yuk Intip Teasernya