Beranda Berita

SKULLY AR-1, Helm Pintar Berbekal GPS dan Kamera

65
0

Beberapa tahun belakangan kita disajikan berbagai benda-benda kategori fashion yang diberi label “pintar” seperti jam tangan pintar dan kacamata pintar. Nah perangkat yang satu ini melengkapi produk yang sudah ada, namun kali ini datang dari sektor otomotif yaitu helm pintar.

Adalah SKULLY AR-1, sebuah perangkat helm yang umumnya dikenakan oleh pengendara motor roda dua. Berbeda dengan helm kebanyakan, SKULLY AR-1 diberi label sebagai smart helmet atau helm pintar berkat sejumlah fitur teknologi yang disematkan di dalamnya. Adapun teknologi-teknologi yang ditanamkan antara lain pemetaan GPS, kamera belakang dan juga sambungan ke perangkat smartphone.

skully-ar-1-640x360
Ubergizmo.com

Berkat keberadaan kamera yang diletakkan di bagian atas helm, pengguna dapat menangkap objek di depan lebih jauh dari pandangan manusia biasa, mampu menampilkan titik objek dan lintasan jauh ke depan. Tersedia pula sistem navigasi dan informasi balik dari kamera belakang yang menampilkan sudut kamera 180 derajat.

Pengguna helm ini dapat pula mengendalikan musik, panggilan dan fitur lain yang terdapat di smartphone saat sedang berkendara tanpa menyentuh layar smartphone sama sekali. Sebuah komponen baterai ditanamkan di dalam helm untuk menopang kehidupan sistem di dalamnya, komponen ini dapat diisi ulang melalui microUSB dan bertahan hingga 9 jam lamanya.

SKULLY AR-1 merupakan proyek buah karya sebuah perusahaan bernama Skully yang didirikan oleh Dr. Marcus Weller. Ide pembuatan SKULLY AR-1 ini muncul secara tidak sengaja di tahun 2013 pasca mengalami kecelakaan motor. Bersama adiknya Mitchell Weller, Marcus kemudian mendirikan Skully dan serius mengembangkan helm pintar ini.

Saat in helm pintar SKULLY AR-1 telah memasuki fase pre-order dengan banderol $1,399 melalui web resminya. Pengembang memprediksi helm ini akan dilepas ke publik dengan harga berkisar di angka $1,499 dengan estimasi pengiriman mulai bulan Mei 2015 mendatang. Bagaimana, berminat membeli helm pintar ini?

Topik Hot Lainnya:   5 Manfaat Gadget Pada Saat Bulan Madu

via Ubergizmo.com
featured image via Ubergizmo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + 1 =