Beranda Berita

Smartfren Resmi Matikan CDMA 1.900 MHz

19
0

Perubahan besar dilakukan oleh Smartfren pada hari ini, Rabu (14/12/2016). Operator telekomunikasi lokal tersebut resmi melakukan pemindahan pita frekuensi layanan CDMA Smartfren dari 1.900 MHz ke 2,3 GHz. Direktur Utama PT. Smart Telecom (Smartfren) Merza Fachys dan 18 Kepala UPT Monitoring Spektrum Frekuensi Radio menandatangani berita acara tersebut.

Dalam acara yang berlangsung di di Serpong, Tangerang tersebut hadir pula Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika (Dirjen SDPPI) Kominfo, Ismail beserta jejeran anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

smartfren-anti-lelet

Langkah switch off layanan 1.900 MHz ke 2,3 GHz merupakan bentuk dukungan atas upaya penataan spektrum frekuensi secara nasional sesuai dengan amanat dari Peraturan Menteri Kominfo No. 22 Tahun 2014 tentang Penggunaan Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Telekomunikasi Bergerak Seluler.

Dengan diresmikannya langkah switch off ini, maka Smartfren dalam operasionalnya hanya akan menggunakan pita frekuensi 850 MHz dan 2,3 GHz. Adapun keuntungan dari pemindahan ini adalah memberikan ruang yang lebih ke pita 2,1 GHz yang selama ini menjadi tulang punggung jaringan 3G nasional. Namun akibat penggunaan pita 1.900MHz mengakibatkan blok 11 dan 12 di pita 2,1 GHz kerap terbebani.

Switch off diharapkan dapat memangkas atau bahkan mengeliminasi total intervensi ke pita 2,1 GHz yang berdampak sangat baik bagi pelayanan jaringan 3G secara nasional. Apalagi pita 2,1 GHz digunakan oleh lebih dari 90 persen Kabupaten/Kota di Indonesia.

Di sisi lain Kominfo mempunyai program untuk menambah spektrum broadband menggunakan pita 2,1 GHz yang tentu jika terealisasi akan meningkatkan kualitas layanan internet bagi seluruh masyarakat.

via tekno.liputan6.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Belum 2 Minggu, Pokemon Trainer ini Sudah Berhasil Lengkapi Pokedexnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 2 =