Beranda Aplikasi

Software Perekam Layar Monitor Terbaik untuk Windows Selain Camtasia

83
0

Untuk merekam layar monitor di Windows biasanya yang banyak digunakan adalah Camtasia, software  buatan dari TechSmith. Sayangnya untuk menggunakan software screen recording ini Gadgeteers harus membayar sebesar 249 dolar atau jika dirupiahkan sebesar 3,5 juta rupiah, tetapi Gadgeteers bisa mencobanya secara gratis software ini selama 30 hari.

Selain Camtasia, Gadgeteers masih bisa melakukan perekaman layar monitor untuk gaming atau membuat tutorial dan asiknya lagi software-software yang akan saya jelaskan ini tidak mengharuskan Gadgeteers membayarnya alias gratis. Software apa saja itu? berikut software perekam layar monitor terbaik untuk Windows.

OBS Studio

Software ini lebih dikenal sebagai software untuk melakukan siaran langsung, karena sesuai dengan namanya open broadcaster software (OBS) namun sebenarnya Gadgeteers bisa memanfaatkan software ini untuk merekam layar monitor saat bermain game atau untuk membuat tutorial. Hasil video dari OBS ini  berkualitas HD dan tidak ada batasan durasi perekaman video. OBS Studio merupakan aplikasi berjenis open source, oleh karena itu tidak perlu lisensi jika ingin memakainya. Sayangnya OBS tidak menyediakan fitur editing, jadi setelah merekam layar dengan OBS Gadgeteers harus mengeditnya dengan software yang berbeda atau langsung saja upload.

VSDC

Software berikutnya yang bisa Gadgeteers gunakan untuk merekam layar monitor di Windows adalah VSDC. Software ini berjenis semi open source, mengapa saya sebutkan demikian karena Gadgeteers bisa menggunakan software ini secara gratis dengan fitur standar namun kita juga bisa menggunakan versi Pro untuk mendapatkan fitur tambahan. Berbeda dengan software OBS tadi yang hanya bisa merekam layar tanpa bisa diedit, VSDC menyediakan fitur editing. Jadi setelah merekam layar monitor dengan VSDC, kita juga bisa langsung mengedit hasil rekaman dengan aplikasi yang sama.

Flashback Express

Jika Gadgeteers ingin merekam layar monitor sekaligus juga merekam dari webcam maka aplikasi Flashback Express ini sangat bisa diandalkan.Tampilan  interface-nya pun sederhana dan tidak serumit OBS Studio, jadi bagi Gadgeteers yang masih pemula bisa memahaminya dengan cepat. Aplikasi ini menawarkan pilihan merekam seluruh layar, area yang dipilih atau webcam saja. Setelah selesai merekam, kita bisa mengeditnya langsung menggunakan software ini  lalu mengekspornya.Sama seperti VSDC tadi, Flashback Express juga menyediakan dua versi yaitu gratis dan berbayar. untuk versi gratisnya tidak membuat watermark di video atau batasan waktu perekaman.

Apowersoft Online Screen Recorder

Berbeda dari software sebelumnya yang merekam layar monitor PC secara offline, software yang satu ini tidak memerlukan proses instal software di PC atau laptop Gadgeteers karena Apowersoft Online Screen Recorder melakukan perekaman layar secara online. Gadgeteers cukup registrasi dan login kedalam websitenya maka sudah bisa melakukan perekaman layar. Selain itu keunggulannya, tidak ada batasan waktu, banyak opsi ekspor file dan tidak ada watermark yang mengganggu. Apowersoft cocok digunakan untuk merekam presentasi, tutorial namun tidak disarankan untuk merekam game karena akan banyak iklan yang mengganggu.

ShareX Screen Recorder

Jika gadgeteers ingin menyimpan video ke dalam format GIF, maka software ShareX Screen Recorder bisa jadi pilihan. Selain software ini open source dan bebas watermark dan tanpa batasan waktu merekam software ini menyediakan banyak opsi ekspor video .salah satunya format GIF tadi. Tampilan antar mukanya sangat sederhana sekali, tetapi tidak saya sarankan untuk Gadgeteers merekam game dengan software ini.

Demikian beberapa software perekam layar monitor di PC yang dapat dijalankan di Windows, semoga berguna untuk Gadgeteers yang sedang mencari software perekam layar. Selamat mencoba !

Topik Hot Lainnya:   Pengguna BBM Lebih Setia Ketimbang WhatsApp dan WeChat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − fourteen =