Beranda Fotografi

Sony Patenkan Konsep “Mata” yang Dapat Memotret

11
0

Gadgeteers pernah melihat film spionase dimana sang agen memiliki kamera di dalam matanya? Mungkin di masa mendatang, hal itu bisa kita temui dalam kehidupan nyata. Sony baru saja mematenkan sebuah konsep mengenai teknologi kamera berbentuk lensa kontak.

Menurut keterangan dari surat paten tersebut, kamera yang memiliki kemampuan menyimpan dan mentransmisikan data ini juga memiliki lensa yang mampu mencari fokus secara otomatis alias autofocus, zoom, mengatur aperture, dan image stabilization seperti sebuah kamera “sesungguhnya”. Masih belum dijelaskan dengan detail bagaimana cara pengguna bisa mengatur fitur-fitur tersebut dengan cepat, apakah melalui smartphone atau dengan gestur tubuh.

Sony Contact Lens

Hal yang terdengar cukup simpel dari kamera ini adalah cara pengguna mengambil gambar. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu mengedipkan mata, dan secara otomatis shutter pada kamera akan segera berjalan. Sony mengklaim jika kamera ini dapat membedakan jenis kedipan yang bertujuan untuk mengambil gambar dan jenis kedipan biasa. Sebagai tambahan, Sony juga menyematkan gyroscope yang mampu mendeteksi tingkat kemiringan kepala pengguna dan menyesuaikan orientasi gambar.

Dalam 2 tahun terakhir, konsep kamera yang bisa “ditanam” ke dalam mata memang sedang booming. Selain Sony, Samsung mengumumkan jika mereka sedang mengembangkan sebuah lensa kontak pintar yang memiliki teknologi untuk merekam video. Di bidang kesehatan, para ilmuan dari Swiss Federal Institute of Technology juga telah membuat sepasang lensa kontak dengan 2.8x zoom untuk membantu pengguna yang memiliki kelainan pada mata. Dan tidak mau ketinggalan, Google sebagai raksasa teknologi dunia turut mengembangkan lensa kontak pintar yang menggunakan tenaga sinar matahari.

Sony Contact Lens

Via Petapixel.com

diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Bocor, ini Penampakan Asus ZenFone 4 Pro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 2 =