Beranda Berita

Sony Umumkan Sensor Kamera Baru untuk Smartphone dengan Resolusi Mencapai 48MP

1
0

Ranah fotografi mulai “terkontaminasi” sejak era smartphone meledak. Kini, hampir semua orang dapat dengan mudah memproduksi foto berkualitas tinggi cukup bermodalkan ponsel pintar, meskipun di beberapa ranah keterbatasan resolusi masih menjadi kendala.

Tetapi, itupun tak akan lama. Pasalnya Sony baru saja memperkenalkan sensor kamera baru IMX586 untuk smartphone yang memiliki resolusi hingga 48MP (8.000 x 6.000, aspek rasio 4:3). Di atas kertas, sensor ini diklaim memiliki pixel paling banyak bahkan menumbangkan resolusi yang dipunyai kamera mirrorless full-frame A7R Mark III buatan Sony yang hanya memiliki sensor sebesar 42MP. Dengan fakta ini, maka Sony IMX586 sangat berpeluang mengubah paradigma fotografi mobile saat tersemat di perangkat smartphone.

 Perbandingan ketajaman sensor kamera smartphone 48 megapiksel Sony IMX586 dibandingkan sensor 12 megapiksel konvensional.(Sony) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kamera Smartphone Kini Tembus 48 Megapiksel, Buatan Sony", https://tekno.kompas.com/read/2018/07/24/11120067/kamera-smartphone-kini-tembus-48-megapiksel-buatan-sony. Penulis : Oik Yusuf Editor : Reza Wahyudi
Perbandingan ketajaman sensor kamera smartphone 48 megapiksel Sony IMX586 dibandingkan sensor 12 megapiksel konvensional.(Sony)

Sensor ini diklaim oleh Sony mampu mengabadikan gambar dengan detail yang lebih tajam. Hanya saja, dikarenakan peruntukannya yang fokus pada perangkat ringkas, maka ukuran fisik dan fotodiodanya jauh lebih mungil dibandingkan sensor untuk kamera. Pun demikian, Sony sesumbar sensor barunya ini mampu menjepret foto yang berkualitas dalam kondisi cahaya yang minim. Pasalnya, mereka menggunakan filter warna Quad Bayer yang bekerja dengan cara menggabungkan empat piksel menjadi satu. Praktis, resolusinya bakal terpangkas menjadi 12MP tapi dengan kualitas yang terang.

Sony IMX586 juga memiliki dukungan perekaman video 4K pada 90FPS, dan resolusi Full HD pada 240fps. Apabila tak menemui kendala, unit percontohan IMX586 akan diluncurkan pada bulan September. Belum jelas kapan ia akan bisa dijumpai di perangkat mobile. Jika terwujud, kemungkinan besar jajaran teranyar Xperia XZ akan menjadi yang pertama mengadopsinya.

via Firspost.com
WN

Topik Hot Lainnya:   6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang iPhone 6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − twelve =