Beranda Berita

Speed Test : Mana yang Lebih Cepat, Samsung Galaxy Note 7 atau iPhone 6s?

10
0

Setelah sebelumnya PhoneBuff melakukan semacam tes untuk menguji kehebatan ketahanan ponsel jebolan Samsung dan Apple yakni Galaxy Note 7 dan iPhone 6s dengan drop test. Mereka pun melakukan tes untuk melihat siapa yang lebih kencang, apakah Samsung Galaxy Note 7 atau Apple iPhone 6s?

Untuk spesifikasinya, Samsung Galaxy Note 7 dipersenjatai oleh prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 820 berkecepatan 2.15GHz dengan RAM 4GB dan prosesor grafis Adreno 530. Perangkat ini bekerja pada sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Di sisi lain, iPhone 6s memiliki dilengkapi oleh prosesor dual-core Apple A9 berkecepatan 1.84GHz dengan RAM berkapasitas 2 GB dan prosesor grafis PowerVR GT7600 yang memiliki 6 inti. Perangkat ini bekerja pada sistem operasi iOS versi 9.3.4.

Galaxy Note 7 vs iPhone 6s GGvia bgr.com

Dalam video berdurasi 3 menit 29 detik tersebut, terlihat bahwa iPhone 6s menang dengan berhasil membuka 14 aplikasi dengan waktu 1 menit 21 detik. Di sisi lain Samsung Galaxy Note 7 memerlukan waktu lebih lama yakni 2 menit 4 detik untuk melakukan hal yang serupa, yakni membuka 14 aplikasi.

Bila Gadgeteers merupakan salah seorang yang mengikuti perkembangan kedua sistem operasi Android maupun iOS. Pasti tidak akan terlalu terkejut, walaupun memang harus diakui bahwa umur iPhone 6s lebih tua daripada kompetitornya yakni Samsung Galaxy Note 7.

Selain lebih tua, perangkat milik Apple tersebut pun hanya memiliki RAM berkekuatan 2 GB saja. Dalam laman The Next Web dijelaskan, bahwa kemenangan iPhone 6s ini tidak lepas dari sinkronisasi yang maksimal pada software dan hardware-nya. Selama ini, Apple selalu mengembangkan software dan hardware-nya untuk dapat bekerja dengan sinkron. Namun di sisi lain Android merupakan sebuah sistem operasi yang diterapkan pada banyak perangkat sehingga sejumlah hardware-nya terfragmentasi dan berpengaruh pada kinerja ponsel, artinya Gadgeteers membutuhkan perangkat yang lebih kuat untuk mendapatkan performa yang sama.

Topik Hot Lainnya:   Dijual Rp1 jutaan, Evercoss Winner Y2+ Power Tawarkan Baterai 4.350mAh

Perbedaan lain antara kedua perangkat ini yang hampir tidak pernah ditemukan di lembaran spesifikasi di manapun adalah penggunaan tipe media penyimpanan berbeda di mana iPhone 6s menggunakan NVMe sementara Samsung Galaxy Note 7 menggunakan UFS 2.0 yang sebenarnya sudah jauh lebih kencang dibandingkan dengan media penyimpanan eMMC yang banyak digunakan pada smartphone Android entry level dan kelas menengah.

via TheNextWeb.com
featured image via techradar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − four =