Beranda Games

Studi : Bermain Game Dapat Mengurangi Stress

22
0

Sekarang ini siapa sih yang tidak suka dengan game? Biasanya game atau lengkapnya video games identik dengan mereka kaum laki-laki, namun sekarang ini tidak sedikit juga perempuan yang memainan video games meskipun tak sedikit yang awalnya tak begitu menyukainya.

Menurut penelitian, ketika Gadgeteers mengalami hari yang berat di kantor atau kampus lalu bermain video games selama 20 sampai 40 menit. Hal tersebut dapat menurunkan kadar stress seseorang.

people gaming
examiner.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada buku Computers in Human Behavior ini mengatakan bahwa bermain video games tidak hanya selalu menimbulkan efek samping yang berdampak buruk, tapi juga dapat berdampak baik. Sang penulis yaitu professor Karyn Riddle beserta dua mahasiswanya dari Universitas Wisconsin-Madison menunjukan bagaimana video games mempengaruhi emosional seseorang.

Untuk membuktikannya mereka mengambil sampel dari 82 orang yang berpartisipasi. Setengah dari partisipan tersebut diberi kesempatan untuk bermain permainan yang memusingkan. Pada permainan yang memusingkan tersebut para partisipan diberi waktu selama 10 menit untuk dapat menyelesaikan semua level. Namun pada akhirnya entah itu mereka yang bermain permainan biasa saja dan permainan memusingkan tersebut menghabiskan waktu selama 18 menit.

Setelah semuanya selesai, para partisipan diharuskan mengisi sebuah kuisioner. Dari sana terlihat bahwa video games memang meningkatkan kesenangan seseorang dan menurunkan kadar stress. Namun terdapat perbedaan dari mereka yang bermain game kekerasan atau mungkin yang terlalu memusingkan. Walaupun memang benar mereka yang bermain permainan genre kekerasan tersebut merasa “senang” namun pada akhirnya mereka akan melihat dunia dengan cara yang berbeda, mereka akan berpikiran terlalu bebas untuk melakukan sesuatu yang pada kenyataannya hal tersebut dibatasi.

Pada akhirnya hasil dari test tentang efek video games ini mengatakan bahwa: Video games dapat mengatur emosional seseorang yang bersifat negatif seperti stress. Namun bila permainan tersebut terlalu serius pembawaannya, pemain nantinya akan terlalu terbawa jauh ke dalam permainan itu sendiri sehingga menimbulkan suatu masalah.

Topik Hot Lainnya:   Pria Inggris ini Berurusan Dengan Hukum Setelah Terlalu Lama Main GTA

via NDTV.com
featured image via pmyf.org
diedit oleh Winarso