Beranda Berita

Sudah Distop, Samsung Masih “Buta” Penyebab Terbakarnya Galaxy Note 7

10
0

Diterpa ujian terbakarnya Galaxy Note 7 secara bertubi-tubi membuat Samsung harus mengambil keputusan berat menghentikan seluruh penjualan dan produksi perangkat kebanggaannya. Samsung kabarnya juga menghentikan generasi Note untuk selamanya.

Terlepas dari benar tidaknya kabar itu, menarik untuk mencari jawaban apa sebenarnya menyebabkan petaka ini berlarut-larut. Awalnya Samsung menduga komponen baterai menjadi penyebab terbakarnya Galaxy Note 7. Sehingga ketika seluruh phablet ditarik, Samsung lantas menggantikannya begitu saja lalu mengembalikan perangkat ke pemiliknya.

Samsung Galaxy Note 7

Tapi ternyata kesimpulan Samsung tak sepenuhnya benar. Insiden kedua menegaskan bahwa baterai bukan akar permasalahannya. Ironisnya, menurut rangkuman dari Theverge, Samsung sendiri diduga belum menemukan penyebab dari kejadian demi kejadian tersebut.

Salah satu pejabar tinggi di Center for Advanced Batteries di Korea Electronics Technology Institute, Park Chul-wan mengatakan, Samsung terlalu cepat memvonis baterai sebagai penyebab kebakaran.

Park mempunyai pandangan berbeda, di mana menurutnya sistem dan desain Galaxy Note 7 yang terlalu rumit adalah kumpulan yang menjadi resep dalam insiden kebakaran yang terjadi.

Di insinden gelombang pertama sendiri Samsung sudah menarik kembali 2,5 juta unit Galaxy Note 7 dari pasaran dan toko retail pada awal September lalu. Setelah diperbaiki, Samsung kembali mendistribusikan Galaxy Note 7 yang diklaim sudah lebih aman dengan tambahan indikator dan aplikasi khusus.

Sayangnya, hanya dalam hitungan hari ada lima kasus kebakaran terjadi di Amerika Serikat. Menjadi bukti bahwa baterai tak bisa disalahkan atas insiden-insiden yang terjadi. Pada akhirnya, Samsung lempar handuk dan menghentikan penjualan dan produksi perangkatnya itu. Yang terburuk, Samsung mungkin tidak akan lagi memproduksi generasi penerus Galaxy Note 7 selamanya.

via Theverge.com
WN

Topik Hot Lainnya:   Menghitung Zakat Menjadi Mudah Dengan Aplikasi Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =