Beranda Berita

Inilah Teknologi LTE dan WiFi Dalam Snapdragon 820

4
0

Qualcomm Technologies, Inc. (QTI) mengintegrasikan modem LTE X12 terbaru ke dalam prosesor terbarunya, Snapdragon 820 yang menggunakan teknologi 4G LTE dan Wi-Fi terdepan untuk perangkat mobile premium. Prosesor Snapdragon 820 menjawab permintaan pasar terhadap konektivitas yang cepat dan layanan yang seamless. Modem LTE X12 dalam Snapdragon 820 terbaru ini menawarkan:

a) Kecepatan LTE Advanced
o Cat 12 (mencapai 600 Mbps) downlink
o Cat 13 (mencapai 150 Mbps) uplink
o Mencapai MIMO 4×4 dalam satu carrier downlink LTE

b) Konektivitas di spektrum tanpa lisensi
o 2×2 MU-MIMO (802.11ac) /
o Multi-gigabit 802.11ad
o LTE-U dan LTE+Wi-Fi Link Aggregation (LWA)

c) Layanan komprehensif antar tipe koneksi
o HD voice generasi baru dan video calling melalui LTE dan Wi-Fi
o Kontinuitas panggilan antara Wi-Fi, LTE, 3G, dan 2G

d) Inovasi RF
o Advanced Closed Loop Antenna Tuner
o Solusi Qualcomm RF360™ dengan carrier aggregation
o Wi-Fi/LTE antenna sharing

Ini merupakan prosesor untuk perangkat mobile komersil pertama yang mendukung LTE Cat. 12 untuk downlink dan Cat. 13 untuk uplink, memberikan 33% dan 200% perbaikan dari kecepatan pendahulunya. Juga tersedia dalam chipset terpisah, modem LTE X12 telah mendemonstrasikan kecepatan unggah tertinggi hingga 600 Mbps melalui 3x downlink carrier aggregation dan 256-QAM, sementara kecepatan unduh mencapai 150Mbps melalui 2x uplink carrier aggregation dan 64-QAM.

Prosesor Snapdragon 820 juga merupakan prosesor komersil pertama yang memberikan dukungan LTE 4×4 Multi-Input Multi-Output (MIMO), dirancang untuk menggandakan kecepatan unduh throughput di satu LTE carrier. Sebagai tambahan, prosesor ini juga memiliki fitur Uplink Data Compression (UDC), sebuah fitur di mana dapat memilih modem LTE Snapdragon, dan dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi seperti mempercepat loading waktu halaman web.

Topik Hot Lainnya:   TP-LINK Indonesia Luncurkan Router Rp3 Juta. Ini Kemampuannya..

Selain itu, prosesor ini juga mendukung Advanced Closed Loop Antenna Tuning ketika dipasangkan dengan QFE2550 Antena Tuner, dirancang untuk secara dinamis mengoptimalkan kinerja RF dalam kondisi jaringan yang nyata, terutama untuk desain berbahan logam di segmen kelas premium. Penggunaan Advanced Closed Loop Antenna Tuning memungkinkan perangkat mobile untuk mengurangi dropped calls, meningkatkan cell edge throughput dan mengurangi konsumsi daya.

Snapdragon-820-Overview-GG
Selain fitur LTE terdepan, prosesor Snapdragon 820 juga mendukung performa Wi-Fi dan pengalaman konektivitas yang superior melalui teknologi Qualcomm VIVE 802.11ac dengan Qualcomm MU | EFX MU-MIMO, bersama dengan dukungan tri-band melalui Wi-Fi multi-gigabit 802.11ad. dengan teknologi 2×2 802.11ac (11ac) dan MU-MIMO, perangkat akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan konektivitas hingga 50% dengan konfigurasi 1×1 peak rate 2×2 80 MHz 11ac mencapai 867 Mbps, sedangkan tingkat puncak 11ad mencapai 4,6 Gbps.

Selain itu, 11ad menawarkan peningkatan hingga 5 kali dalam throughput pengguna dengan konsumsi daya yang sama seperti 11ac. Dengan sesi transfer dinamis antara 11ad dan 11ac, perangkat akan memiliki kemampuan untuk mencapai konektivitas kinerja tinggi dengan cara yang hemat daya. Bandwidth yang tinggi dan kecepatan yang ditawarkan oleh 11ac Wi-Fi, 11ad Wi-Fi, dan MU-MIMO membawa tingkat kinerja baru yang dirancang untuk meningkatkan kualitas keseluruhan layanan, dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk aplikasi seperti streaming video 4K, berbagi file besar, menggunakan kios media, docking secara nirkabel, cadangan hard disk dan banyak lagi.

Prosesor Snapdragon 820 mengutamakan teknologi konvergensi antara LTE dan Wi-Fi, serta spektrum berlisensi dan tidak berlisensi:

a) LTE-Unlicensed (LTE-U)
Prosesor Snappdragon 820 merupakan prosesor perangkat mobile komersil pertama yang menawarkan dukungan LTE-U yang komprehensif ketika dipasangkan dengan WTR3950, meningkatkan kapasitas jaringan mobile dan throughput pengguna dengan menggabungkan pita LTE berlisensi dan tanpa lisensi.

Topik Hot Lainnya:   UNPACKED 2014 : Samsung GALAXY S5

b) LTE dan Wi-Fi Link Aggregation (LWA)
LWA merupakan metode lain untuk penggabungan spektrum berlisensi dan tak berlisensi. Ia dirancang untuk memungkinkan operator memanfaatkan infrastruktur Wi-Fi untuk menambah kapasitas jaringan LTE berlisensi dengan kapasitas spektrum tanpa lisensi.

c) Panggilan Wi-Fi generasi terkini
Modem LTE X12 mendukung layanan panggilan HD Voice over LTE (VoLTE) dan Video over LTE (ViLTE) menngunakan IP Multimedia Subsystem dengan dukungan untuk kontinuitas panggilan antara LTE dan Wi-Fi. Menggunakan kapabilitas kognitif dari Qualcomm Zeroth, modem LTE X12 memonitor kualitas Wi-Fi secara real time untuk memutuskan kapan harus memindahkan panggilan dari LTE ke Wi-Fi atau sebaliknya.

d) Antenna sharing
Modem terbaru ini mendukung beberapa skema antenna sharing antara LTE dan Wi-Fi, didesain untuk mempermudah manufaktur dalam merancang perangkat dengan teknologi terbaru seperti LTE-U, 4×4 LTE MIMO, dan 2-stream Wi-Fi dengan bentuk yang tetap menarik dan dampak performa minim di tiap teknologi.

Prosesor Snapdragon 820 meneruskan tradisi panjang Qualcomm dalam mengintegrasikan fitur modem terkemuka dalam industri telekomunikasi modern. Hal ini termasuk dukungan untuk layanan seperti LTE-Broadcast dan perangkat dual-SIM LTE carrier aggregation. Ponsel atau tablet yang menggunakan prosesor Snapdragon 820 diperkirakan akan tiba di Indonesia mulai pertengahan tahun 2016 mendatang.