Beranda Berita

Telkom Perkenalkan Flik, Benarkah untuk Membungkam Netflix?

18
0

Telkom memperkenalkan layanan baru berupa saluran televisi yang diberi nama Flik. Jika pemikiran Gadgeteers sama seperti penulis, pasti akan mengira kalau Flik adalah layanan streaming on demand semacam Netflix yang baru-baru ini diblokir oleh Telkom.

Wajar saja, nama dari Flik memang terdengar mirip dan waktu peluncurannya begitu dekat dengan pemblokiran Netflix, tetapi ternyata asumsi tersebut tidak benar.

01001
Muvila.com

Flik adalah bagian dari layanan IndiHome Telkom yang secara khusus menayangkan film Indonesia di era 90-an, 80-an, sampai 70-an yang telah melalui proses remaster atau restorasi sehingga menghasilkan gambar dan suara yang lebih baik daripada kualitas aslinya.

Di dalam proses remaster, film dari media analog akan dipindahkan ke media digital dengan cara memindai tiap frame dalam resolusi yang tinggi. Kemudian dilakukan proses pasca produksi untuk meningkatkan kualitas gambar dengan cara koreksi warna, menambahkan efek visual, atau menghilangkan artifak yang biasa ditemui di film lawas. Tidak hanya soal gambar, aspek suara pun dapat ditingkatkan dengan menghilangkan atau setidaknya mengurangi noise, mengatur komposisi volume, dan menambahkan efek audio surround sound. Proses remaster sendiri memang sedang ramai dilakukan oleh banyak kalangan, terutama industri game yang banyak “mempercantik” grafis game jadul seperti Final Fantasy VII.

Tayangan film jadul memang sering ditayangkan oleh TV nasional dan tetap mampu menyedot jumlah penonton yang tidak sedikit. Dengan adanya layanan Flik yang ditawarkan oleh Telkom, Gadgeteers yang gemar menonton film lawas atau sekedar ingin bernostalgia menikmati aksi dari trio Warkop dalam kualitas yang lebih tinggi, dapat memenuhi keinginan tersebut dengan mudah.

via inet.detik.com

featured image via Twitter.com/fliktv

diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   5 Game Berburu Hewan Gratis Terbaik untuk Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =