Beranda Analisa

Terlalu Lama Bergaul di Dunia Maya Bikin Kita Cepat Tua?

5
0

Sekarang ini media sosial sudah bukan lagi barang bau. Tidak sedikit orang yang memiliki akun media sosial, bahkan kadang ada orang yang memiliki dua akun dalam satu media sosial sekaligus, hal semacam itu juga bukan barang tabu. Namun tahukah Gadgeteers, bahwa ternyata bergaul di dunia maya atau media sosial seperti itu hanya akan membuat kita cepat tua?

Sebuah studi dari Universitas Carolina Utara, Chapel Hill, di Amerika Serikat sana mengatakan bahwa penuaan akan lebih lama terjadi bagi mereka yang memiliki koneksi sosial. Secara khusus mereka mengemukakan bahwa jaringan sosial dapat mempengaruhi kesehatan seseorang.

internetvia tribunnews.com

Para peneliti tersebut mengambil sampel dari empat data survei nasional di Amerika Serikat. Dalam survei tersebut telah mewakili populasi masyarakat yang berada di rentang usia muda sampai tua. Hasilnya, bagi usia remaja bila kita melakukan isolasi sosial akan terjadi peradangan dengan jumlah yang sama seperti aktivitas fisik, dan bila kita tidak berbaur dengan lingkungan sekitar maka resiko terkena obesitas menjadi tinggi.

Selain itu, melakukan isolasi sosial bagi mereka yang sudah berumur cukup dewasa sangat berbahaya, sampai-sampai diabetes atau hipertensi pun bukan apa-apa karena hal tersebut benar-benar mempengaruhi kesehatan. Studi mengatakan bahwa bukan masalah seberapa banyak koneksi hubungan dengan orang lain yang dimiliki tetapi lebih ke dalam dukungan sosial dan tekanan yang diberikan oleh koneksi sosialnya sehingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan.

Nah, oleh karena itu mulai sekarang mari kita kurangi bergaul dan berinteraksi di dunia maya. Berbicara secara langsung dan nyata! Karena hal tersebut dapat membuat kita menjadi awet muda.

via indianexpress.com

featured image via netstream.co.in

Topik Hot Lainnya:   7 Situs Terlarang dan Menyeramkan yang Ada di Internet

diedit oleh WN