Beranda Tips

Terlanjur Nyebarin Berita Hoax? Tempuh 4 Langkah ini

8
0

Hoax dapat diartikan sebagai penyebaran berita palsu untuk kepentingan sendiri atau golongan. Di Indonesia, penyebar hoax dapat diancam dengan hukuman yang serius sesuai dengan UU ITE yang sudah direvisi. Tentu saja, hukuman ini tidak hanya berlaku bagi si pembuat berita, tetapi juga yang hanya menyebarkannya.

Padahal terkadang seseorang menyebarkan hoax karena tidak tahu kalau berita tersebut adalah berita palsu. Bagi Gadgeteers yang juga sudah secara tidak sengaja turut menyebarkan hoax, maka sebaiknya Gadgeteers melakukan tindakan-tindakan berikut.

Jangan menghapus postingan

Menghapus postingan dari linimasa Gadgeteers  tidak akan sepenuhnya menyelesaikan masalah yang ada. Sebaiknya tetap biarkan postingan tersebut dan pantau perkembangan terbaru dari berita terkait.

Berikan klarifikasi soal postingan

Daripada menghapus postingan Gadgeteers, cukup buat sebuah post baru yang berisi klarifikasi mengenai postingan sebelumnya. Dengan demikian kabar mengenai kekeliruan di postingan itu juga ikut tersebar.

Laporkan postingan hoax

Berbagai sosial media telah menyediakan layanan untuk melaporkan postingan yang merupakan hoax atau postingan yang tidak layak untuk disebarkan. Manfaatkan layanan ini untuk melaporkan postingan yang ternyata hoax.

Lapor Hoax

Hubungi penyebar berita hoax

Jika dirasa perlu, maka hubungi penyebar atau pembuat berita hoax. Selain untuk mengklarifikasi kebenaran berita yang tersebar, Gadgeteers sekaligus membantu si pembuat berita agar tidak kembali membuat dan menyebarkan hoax.

Topik Hot Lainnya:   5 Cara Cepat Menambah Follower di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − 10 =