Beranda Berita

Ternyata Ini 5 Brand Smartphone yang Sering “Opname” di Tukang Servis!

101
0

Secanggih apapun gadget, pasti tidak menjamin 100% kebal terhadap yang namanya kerusakan. Malfungsi tersebut bisa terjadi karena kesalahan penggunanya, atau memang dari sistemnya yang mengalami error. Nah, seperti yang Gadgeteers tahu, hal itulah yang membuat popularitas suatu perusahaan naik-turun, selain fitur dan spesifikasi dari perangkat tersebut, awet tidaknya perangkat pun menjadi pertimbangan.

Di Indonesia sendiri khususnya kota Jakarta, ada lima brand ponsel yang disinyalir sering masuk tukang servis. Berikut adalah kelima brand atau merek ponsel tersebut :

Apple / iPhone

iphonectvnews.ca

iPhone jumlahnya memang tidak banyak di tanah air, tapi tetap ia punya banyak penggemar. Hanya saja, di Jakarta iPhone ternyata termasukyang paling sering masuk dapur servis. Namun bukan berarti produk dari Apple ini mengalami cacat produksi atau memiliki kekurangan. Setelah ditelusuri lebih lanjut kerusakan yang sering terjadi pada ponsel malang ini diakibatkan karena kecerobohan penggunanya sendiri. Entah itu port charger-nya yang rusak karena asal colok, atau layar yang pecah karena terjatuh.

Beruntungnya, spare part untuk memperbaiki iPhone ini mudah didapatkan. Tidak seperti ponsel-ponsel lainnya. Namun kendati begitu bukan berarti Apple yang mengeluarkannya. Menurut salah satu tempat servis di kawasan ITC Roxy Mas ini, suku cadang untuk ponsel Apple atau iPhone ini sudah bebas diperjual-belikan, sehingga menjadi spare part yang cocok untuk memperbaikinya bukanlah hal yang sulit.

Samsung

Samsung-Galaxy-S3-screen-cracked-drop-test-damage-580x326technobuffalo.com

Bila Gadgeteers perhatikan, smartphone non-iOS yang viral di Indonesia mungkin adalah Samsung. Selain dari fitur dan spesifikasinya yang berani diadu, harganya pun cukup bersahabat di kantong. Hal tersebut pun sepertinya menjadikan ponsel Android keluaran Samsung ini paling sering masuk tukang servis.

Kerusakan yang sering dialami oleh Samsung adalah dari IC dan MMC-nya. Tetapi tidak sedikit juga yang terjadi pada layar maupun port charger-nya. Untungnya sama seperti iPhone tadi, suku cadang untuk ponsel Samsung ini sudah cukup kumplit dan bisa didapatkan dengan mudah. Entah itu dari ponsel keluaran terbaru maupun lama.

Topik Hot Lainnya:   Setelah Samsung, Kali ini Giliran Xiaomi Mi 4c yang Meledak

Lenovo

lenovo-errorglobalnews.ca

Selain Samsung, ada Lenovo yang mengikutinya. Kedua perusahaan ini memang begitu populer dengan menyajikan ponsel dengan spesifikasi yang berani diadu namun bersahabat di kantong. Bedanya Lenovo lebih menghadirkan model ponsel yang berbeda dari Samsung.

Lenovo dinobatkan berada di posisi ketiga dan masih dengan masalah yang sama yaitu LCD, konektor, dan lain sebagainya. Yang membedakannya adalah untuk suku cadang, Lenovo masih kurang dan belum kumplit sepenuhnya.

Asus

asusasus.com

Asus bisa dibilang merupakan pendatang baru di pasar smartphone Indonesia, walaupun pada awalnya di Indonesia Asus terkenal karena notebook maupun Laptopnya. Ponsel Asus pun bisa mengikuti merek-merek pendahulunya seperti Samsung maupun Sony. Menjadikannya populer di Indonesia tentunya membuat banyak orang yang datang dan mengeluhkan bahwa ponselnya rusak.

Sebenarnya antara Asus dan Lenovo, entah mana yang layak berada di posisi ke empat ini, karena keduanya bisa dibilang sama. Masalahnya pun berada di masalah-masalah yang biasa dihadapi smartphone lainnya. Namun bila dikutip dari forum di Kaskus, Lenovo layak mendapatkan posisi ke tiga dan Asus ke empat, karena permasalahan Service Center-nya yang kurang bersahabat.

BlackBerry

cracked_blackberry_z10-600x450blackberrycool.com

Kehadiran BlackBerry di Indonesia sempat menjadi viral, namun sekarang kondisinya berbeda. Nah sepertinya hal tersebutlah yang menjadikan ponsel ini menduduki posisi akhir. Sekarang ini justru perangkat BlackBerry lebih banyak yang ditemukan rusak.

Kerusakan yang dialami oleh ponsel BlackBerry ini kebanyakan karena sudah terlalu lama dipakai, atau kesalahan penggunanya sendiri. Mungkin hal tersebut karena ponsel BlackBerry ini dinomor-duakan oleh sang pemilik.

Tapi jangan salah sangka dulu, tentu data di atas itu tidak berlaku untuk semua daerah dan atau negara. Awet tidaknya ponsel yang dimiliki oleh Gadgeteers akan kembali lagi ke pemakaian, dan keberuntungan Gadgeteers sendiri.

Topik Hot Lainnya:   Facebook Merangkum Kilas Balik Insiden Populer di Sepanjang Tahun 2015

via Liputan6.com

featured image via cellphonerestore.com

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − thirteen =