Beranda Fotografi

Ternyata Ukuran Pixel Bukan Segalanya

3
0

Gadgeteers, pasti kalau melihat smartphone jaman sekarang banyak sekali yang dilengkapi dengan fitur kamera ber-megapixel besar. Hal tersebut cukup untuk membuat Gadgeteers tertarik kan? Apalagi dengan adanya demam selfie yang sedang melanda akhir-akhir ini. Namun apakah Gadgeteers tahu bahwa ukuran pixel pada kamera smartphone Gadgeteers bukan satu-satunya faktor yang dapat membuat hasil jepretan Gadgeteers menjadi bagus.

 

Sebenarnya apa sih pixel itu? Pixel itu adalah semacam satuan untuk membentuk foto, nah namun ternyata pixel sendiri bukan faktor yang besar sendiri yang menentukan kualitas foto.

Menurut Enche Tjin, seorang fotografi profesional. Ukuran pixel memang sexy untuk ukuran marketing, namun kenyataannya ada faktor lain yang menentukan kualitas suatu foto. Ambil saja salah satu contohnya kualitas lensa yang bagus, atau bukaan (aperture) yang lebar sehingga dapat menyerap cahaya lebih banyak.

smartphone-cameragsmnation.com

Perlu di ingatkan juga, kalau untuk keperluan sehari-hari seperti mengganti profile pictures di Facebook, Twitter, Path, Line, BBM, dan lainnya. Tidak harus membutuhkan pixel yang besar kok. Kamera dengan ukuran 2MP saja sudah cukup, Enche menambahkan.

Namun jika hasil foto tersebut akan dicetak terutama dalam ukuran besar maka pixel yang berperan penting dalam hal tersebut.

Nah, sekarang Gadgeteers sudah mulai paham kan? Kalau ternyata ukuran pixel di smartphone-smartphone yang ada di iklan-iklan dengan kamera yang luar biasa itu, tidak selalu menentukan bagus tidaknya suatu foto karena kadang smartphone yang memiliki pixel lebih tinggi memiliki harga yang lebih tinggi juga, mulai saat ini jangan salah pilih ya

 Edited by Mouldie Satria
featured image via etechmag.com

 

Topik Hot Lainnya:   Canon PowerShot G3 X Resmi Diperkenalkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − two =