Beranda Berita

Tersinggung, Opera Balik Serang Microsoft

3
0

Perseteruan panas tidak hanya terjadi antara Telkomsel dan Indosat, di tempat berbeda ada perang dingin yang tak kalah seru antara Opera dan Microsoft yang sama-sama mengklaim aplikasi browser miliknya paling hemat bagi perangkat.

Microsoft lebih dulu “menyerang” dengan mengatakan bahwa Microsoft Edge, browser versi terbarunya lebih hemat untuk perangkat ketimbang Opera maupun Chrome. Tak terima, Opera langsung memberikan jawaban untuk menyanggah klaim tersebut.

Menurut klaim Opera, saat fitur ini battery saver diaktifkan, maka aplikasi browser miliknya bakal jauh lebih irit baterai dibandingkan browser lain dalam hal ini adalah Microsoft Edge dan Chrome.

Blazej Kazmierczak selaku Direktur Pengembangan Software Opera mengaku senang saat ada yang mengajak bertengkar. Demi membuktikan klaimnya, mereka melakukan tes simulasi menggunakan versi developer terbaru dan dua fitur andalanya, battery saver dan ad blocking dalam posisi aktif.

1606413opera1340x340

Hasilnya, Opera mengklaim aplikasinya lebih hemat 22 persen dibandingkan Edge dan 35 persen lebih lama dri Google Chrome. Artinya, perangkat yang menggunakan Opera mampu bekerja 22% lebih lama ketimbang Edge-nya Microsoft.

 “Kalau Microsoft ingin membuktikan perambannya lebih baik (dalam hal apapun), maka Microsoft harus transparan soal metodologi sehingga bisa direplikasi oleh yang lain,” kata Kazmierczak.

Yang unik dari perseteruan ini tidak hanya soal cara yang digunakan oleh masing-masing perusahaan. Tapi justru ada yang aneh ketika Google yang merupakan pengembang aplikasi Chrome malah adem-ayem, padahal dari ketiga browser yang dibandingkankan, Chrome-lah yang paling mendapatkan preseden buruk. Bukankah seharusnya Google-lah yang berhak paling sewot “diremehkan” oleh keduanya?

via Opera.com

featured image via 01net.com

WN

Topik Hot Lainnya:   Penjualan Samsung Galaxy S7 Lewati Torehan Galaxy S5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + 5 =