Beranda Tips

Tips BBM Marketing Sederhana Tapi Mujarab

10
0

BBM atau BlackBerry Messenger adalah sebuah aplikasi pesan yang “dahulu” identik dengan vendor BlackBerry, namun sekarang sudah dapat digunakan oleh platform Android dan iOS. Meskipun citra BlackBerry sebagai vendor smartphone mulai pudar, namun sulit ditampik bahwa BBM merupakan salah satu harta BlackBerry yang sudah menjadi ikon.

Sebagai aplikasi pesan yang tergolong berumur, BBM dikenal memiliki banyak keunggulan dibanding aplikasi serupa lainnya. Bukan hanya bagi pengguna personal, bagi para pemasar pun BBM menjadi pilihan pertama sebagai media promosi atau layanan pelanggan.

Bahkan tak sedikit orang yang membeli BlackBerry hanya untuk menjual produk. Mendapati fenomena ini makin ramai dipraktekkan, mendorong @Gadgetgaul untuk menulis tips BBM Marketing sederhana tetapi sangat mujarab mendatangkan penjualan.

Gunakan Kombinasi Nama Asli dan Usaha Untuk Nama Profil

Penambahan nama usaha misalnya alamat web di nama profil akan memudahkan calon konsumen atau pelanggan untuk mengenali Anda. Contohnya seperti ini, nama  anggap saja Andi. Kemudian Anda mempunyai toko online dengan url tokobaju.com, maka bubuhkan alamat toko online Anda di belakang nama asli sehingga menjadi Andi – tokobaju.com.

Update Gambar Profil Sesering Mungkin

Jika Anda perhatikan aplikasi BBM selalu memberikan notifikasi perubahan terbaru dari kontak yang Gadgeteers miliki, hal yang sama juga berlaku untuk pengguna lain. Jadi, semakin sering Gadgeteers mengganti gambar profil maka nama Gadgeteers akan sering muncul di daftar teratas notifikasi update terbaru sehingga makin banyak yang melihat gambar produk Gadgeteers dan meningkatkan kemungkinan penjualan.

Rubah Status Sesering Mungkin

Serupa dengan gambar profil, setiap kali Gadgeteers membuat status atau mengubah status semua orang yang ada di dalam kontak akan mendapatkan pemberitahuan melalui tab update atau Feed.

Broadcast Message Sewajarnya

Topik Hot Lainnya:   BBM Sekarang Bisa Mengirim dan Menerima Uang via PayPal

Fitur ini paling digandrungi oleh pengguna BBM semua platform tetapi menyimpan potensi senjata makan tuan apabila tidak dikelola dengan benar. Mengirimkan broadcast message memang efektif untuk mendongkrak penjualan, tetapi jika dilakukan dengan intensitas yang terlalu sering justru akan membuat penerima merasa tidak nyaman dan berpotensi mengambil tindakan delcon atau menghapus Gadgeteers dari kontak mereka.

Untuk itu gunakan fitur ini paling banyak 2 kali dalam sehari atau hanya di saat Anda memang sedang menawarkan harga khusus.

Buatlah BBM Channel

Salah satu fitur baru yang dimiliki oleh BBM adalah BBM Channels, berbeda dengan grup di fitur ini Gadgeteers dapat lebih leluasa memposting gambar produk, promo diskon, artikel atau apapun yang sifatnya terbuka untuk anggota channel.

Gunakan Bahasa Marketing yang Tepat Saat Membuat Status

Membuat status memang mudah, tetapi membuat status yang menggelitik dan mendorong pembaca tertarik untuk membeli itu bukan perkara sepele. Bahasa marketing yang paling ampuh biasanya dengan melibatkan “periode waktu, jumlah terbatas dan angka” yang menyasar psikologi konsumen. Misalnya:

  • Promo diskon 50%, hanya berlaku hari ini, order sekarang!
  • Promo diskon 50%, stok tinggal 5pcs, jangan sampai kehabisan order sekarang ya!
  • Produk terbaru paling murah, hanya 89.900.

Pada penerapannya, efektivitas tips ini akan sangat tergantung kepada bagaimana eksekusi dan cara Gadgeteers melayani pelanggan. Untuk itu sangat disarankan untuk mempelajari ilmu-ilmu marketing lainnya guna menyempurnakan metode yang sudah ada. Selamat mencoba dan semoga makin laris ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 16 =