Beranda Tips

Tips Gunakan Picture Password & Install Aplikasi Android di Blackberry 10.2.1

6
0

15 Mei 2014, Blackberry Jakarta atau Blackberry Z3 telah resmi beredar di Indonesia. Smartphone terbaru yang khusus didedikasikan untuk penggemar Blackberry di Indonesia ini tampaknya tidak hanya menyandang nama yang sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Di balik desain yang elegan namun tetap sederhana, Blackberry Jakarta ternyata juga menyimpan segudang fitur khusus yang hanya dimiliki oleh seri ini. Beberapa fitur unik tersebut meliputi tersedianya channel lokal di BBM channel dan BBM sticker dengan tokoh pewayangan. Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat mengganti bahasa menjadi bahasa Jawa atau Sunda.

Tidak hanya dilengkapi dengan konten lokal dan fitur-fitur khas Indonesia, Blackberry Jakarta juga telah dilengkapi spesifikasi yang cukup tinggi. Sebut saja prosesor dual core Snapdragon 400 berkecepatan 1.2 GHz, RAM 1.5GB, penyimpanan internal 8GB, kamera depan 5MP dan belakang 1.1 MP serta bentang layar 5-inch beresolusi 540 x 940 pixel dengan kerapatan layar 220ppi. Namun satu hal yang menarik dari seri Blackberry Jakarta ini adalah sistem operasi yang digunakannya. Meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 2.199.000, handset ini telah berjalan di sistem operasi Blackberry 10.2.1 Ini merupakan sistem operasi terbaru yang telah dilengkapi dengan segudang fitur menarik.

Dari beberapa fitur menarik yang ada, terdapat  fitur yang cukup unik, Fitur tersebut adalah picture password dan install aplikasi Android. Fitur ini picture password ini merupakan salah satu fitur keamanan yang hanya dimiliki oleh Blackberry. Dalam fitur ini, pengguna dapat menggunakan kombinasi gambar dan angka untuk mengamankan perangkatnya. Cara untuk menggunakan fitur ini adalah :

1) Gadgeteers harus mengatur device password terlebih dahulu. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika Gadgeteers lupa dengan picture password atau untuk mengakses smartphone dari komputer dengan menggunakan Blackberry Link. Untuk melakukan setting device password, lakukan sapuan ke arah bawah layar pada home screen.
2) Selanjutnya pilih setting > security and privacy > device password. Selanjutnya set device password menjadi On. Sebagai tambahan, Gadgeteers juga bisa mengaktifkan simple password untuk menggunakan password angka.
3) Selanjutnya, Gadgeteers tinggal menentukan device password yang diinginkan.
4) Setelah menentukan device password, Gadgeteers bisa mulai mengaktifkan picture password. Untuk mengkonfigurasi picture setting, lakukan sapuan ke arah bawah layar pada home screen.
5) Selanjutnya pilih menu settings > security and privacy > device password. Untuk mengaktifkan fitur picture password, Gadgeteers cukup mengubah konfigurasi picture password menjadi on. Masukkan device password yang telah dibuat sebelumnya dan ikuti instruksi untuk melakukan konfigurasi picture password.

Selain picture password, Blackberry 10.2.1 juga telah mendukung aplikasi Android. Jadi meski Gadgeteers tidak dapat menemukan aplikasi favorit Anda di Blackberry World, Gadgeteers bisa menginstall aplikasi Android di dalam perangkat Blackberry. Untuk menginstall aplikasi, Anda bisa menggunakan file APK dari aplikasi Android yang ingin Anda install. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya :

Topik Hot Lainnya:   Cara Mengatasi Bluetooth dan WIFI Android yang Tidak Berfungsi

1) Cari file APK dari aplikasi Android yang ingin Anda install. Gadgeteers bisa menemukannya di berbagai sumber yang ada di internet.
2) Selanjutnya, pindahkan file APK tersebut ke dalam perangkat Blackberry. Agar proses pemindahan data berlangsung dengan cepat, Gadgeteers bisa melakukannya dengan menggunakan kabel data.
3) Setelah file APK sukses dipindahkan ke dalam perangkat Blackberry, Gadgeteers tinggal membuka lokasi penyimpanan file APK tersebut dan mengeksekusinya.
4) Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah selesai, Gadgeteers bisa mencoba menjalankan aplikasi tersebut.

featured image via crackberry.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − ten =