Virus menjadi suatu hal yang paling ditakutkan oleh para pengguna PC / laptop berbasis Windows, maka tidak heran jika para pengguna Windows mengantisipasi serangan virus dengan memasang anti virus, baik yang gratis maupun yang premium.

Tetapi tahukah Gadgeteers jika Microsoft telah menyertakan anti virus ke dalam paket Windows yaitu Windows Defender. Sayangnya utility ini sangat jarang pengguna Windows yang memaksimalkannya padahal Windows Defender menduduki rangking 10 besar berdasarkan data AVTest. Bagaimana cara memaksimalkan Windows Defender agar terhindar dari virus berikut ini langkah – langkahnya.

Mengaktifkan Auto Scan

Tips pertama untuk memaksimalkan Windows Defender adalah dengan mengaktifkan auto scan. tujuannya agar setiap saat Windows Defender dapat mendeteksi jika ada virus. Secara default Windows Defender biasanya tidak melakukan scanning otomatis, Tetapi Gadgeteers bisa mengaktifkannya.

Aktifkan Ransomware Protections

Sempat Heboh beberapa waktu yang lalu tentang serangan virus Ransomware, nah agar Windows Gadgeteers terhindar dari virus tersebut Caranya mengaktifkannya buka Windows security lalu klik virus & threat protection, di bagian Ransomware Protections klik manage Ransomware Protections  lalu aktifkan protections ke posisi on 

Atur Sambungan Internet

Tips terakhir memaksimalkan kinerja Windows Defender  adalah dengan mengatur koneksi jaringan.Ketika pertama kali terkoneksi kedalam jaringan, biasanya akan ada pop up network rules yang harus Gadgeteers klik, baik itu Domain Network, Private Network, dan Public Network. Secara default, Windows Defender juga menyediakan kontrol firewall dan jaringan, sehingga kita bisa mengonfigurasi aturan untuk tiga jenis jaringan:

  • Domain Network – Jaringan di tempat kerja yang bergabung dengan domain
  • Private Network – Jaringan terpercaya di rumah atau di tempat kerja
  • Public Network – Jaringan publik seperti bandara dan restoran.

Lakukan juga update secara berkala terhadap sistem Windows 10, dan Virus Definitions Windows Defender serta  system selalu dirawat.Hindari penggunaan software bajakan, biasanya virus tersimpan pada Crack dan Patch dan sejenisnya. Itulah cara memaksimalkan Windows Defender selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri