Beranda Tips

Tips Memilih Antivirus Terbaik untuk Komputer Windows

31
0

Bukan rahasia lagi bahwa musuh utama para pengguna komputer adalah virus atau malware atau spyware, sama saja. Tak hanya dapat menghapus file penting dan memperbanyak diri, virus juga dapat merusak software dan membuat sistem kerja Windows menjadi tidak stabil dan optimal.

Di sinilah pentingnya Antivirus yang bertugas sebagai pencegah, pencari dan penghapus virus pada komputer. Namun tidak semua virus dapat dideteksi dengan satu jenis antivirus dan tidak semua antivirus cocok untuk kebutuhan Gadgeteers. Oleh karena itu, ada beberapa tips sebelum menjatuhkan pilihan kepada Antivirus tertentu.

rockybytes.com
rockybytes.com

Pertama, memilih Antivirus yang tidak begitu besar ukurannya. Meski terkadang menawarkan keuntungan lebih, memasang antivirus yang terlalu besar justru akan memperlambat kerja windows dan mengganggu kestabilan komputer.

Kedua, adanya penawaran plugins tambahan pada Antivirus umumnya akan menambah keefektifan Antivirus tersebut seperti pada Smadav, PCMAV dll. Oleh karena itu, sebaiknya Gadgeteers cermati dan mengerti fitur apa saja yang disediakan Antivirus itu pada website resminya.

Ketiga, menggunakan Antivirus Lokal yang dikolaborasikan dengan Antivirus buatan Luar seperti AVG, Avast agar memberikan proteksi lebih pada komputer Gadgeteers dari lebih banyak jenis virus. Perlu diperhatikan bahwa memasang semakin banyak Antivirus tidak menjamin komputer Gadgeteers lebih aman. Justru terkadang menyebabkan komputer crash, jadi pilih kombinasi yang tepat dan bijak.

Keempat, adanya fitur engine Real Time Protector (RTP) pada Antivirus dapat menahan serangan virus, malware dll. yang mendadak muncul. Sebisa mungkin untuk memilih jenis Antivirus yang memiiki engine RTP ini untuk memaksimalkan proteksi terhadap komputer.

Kelima, antivirus yang menawarkan proses update secara online dapat mempermudah Gadgeteers dalam memperbaruinya secara cepat dan instan tanpa harus mencarinya sendiri.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mengaktifkan Media Streaming Windows Media Player di Windows 7

Keenam, pilihlah jenis Antivirus sesuai dengan kebutuhan Gadgeteers. Tidak hanya menawarkan pelayanan gratis, Antivirus juga ada yang berbayar dengan fitur dan fasilitas yang lebih lengkap dan prioritas tinggi. Semua kembali kepada jenis kebutuhan dan pilihan Gadgeteers dalam memutuskan memilih berbayar atau gratis.

featured image via newyorkcomputerhelp.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 14 =