Jika 2 atau 3 tahun silam orang lebih banyak bermain game di PC atau konsol, sekarang kebalikannya orang lebih banyak bermain game di ponsel baik itu Android maupun iOS. Hal ini juga dipicu oleh banyaknya developer game yang merilis gamenya untuk ponsel.Namun untuk dapat bermain game dengan lancar di ponsel, Gadgeteers harus memilihnya dengan benar karena tidak semua ponsel dapat menjalankan game secara lancar. Nah bagi Gadgeteers yang berencana untuk membeli ponsel yang tujuan untuk bermain game terutama game di Android, Berikut ini tips bagaimana memilih ponsel Android untuk bermain game di 2019.

Perhatian prosesor yang digunakan

Hal pertama yang harus Gadgeteers perhatikan dalam memilih ponsel Android  untuk kebutuhan gaming adalah prosesor apa yang digunakan pada seri ponsel yang ingin Gadgeteers beli.Hardware ini yang akan memproses game mulai dari membuka game hingga saat bermain sekalipun.

Prosesor dalam ponsel  berbeda dengan PC, karena dalam sebuah prosesor ponsel  terdapat CPU dan GPU. Saat ini, prosesor terbaik yang dapat Gadgeteers temukan dalam segmen smartphone Android adalah Qualcomm Snapdragon 855.Dengan menggunakan prosesor yang kuat, maka permainan akan diproses dengan lebih cepat. Hal ini mempengaruhi grafis serta efek game saat Gadgeteers bermain. 

Prosesor yang bisa Gadgeteers jadi bahan pertimbangan adalah  Qualcomm Snapdragon seri 8, Kirin seri 9, ataupun Exynos seri 9. Tipe prosesor ini umumnya digunakan dalam ponsel  flagship.

Besaran RAM 

Selain prosesor, hardware yang perlu juga Gadgeteers perhatikan untuk memilih ponsel Android gaming adalah RAM atau Random Access Memory. RAM dengan kapasitas besar pastinya akan membuat proses load data game semakin cepat pula, karena banyaknya ruang yang kosong pada RAM.

Maka penting untuk Gadgeteers memperhatikan besar RAM pada ponsel . Saat ini, ponsel  dengan RAM 2GB sudah terlalu kecil untuk digunakan bermain game. Agar dapat menjalankan game dengan lancar, saya menyarankan untuk memilih RAM dengan kapasitas 3GB atau 4GB. Tapi jika Gadgeteers punya budget lebih bisa mencari ponsel Android dengan RAM 6GB.

Ukuran layar ponsel yang digunakan

Percuma rasanya jika prosesor sudah kencang, RAM sudah besar tetapi layar masih yang biasa -biasa saja, maka pengalaman Gadgeteers bermain game di ponsel pun pastidak tidak menyenangkan. Ponsel  Android yang kekinian sudah menggunakan layar lebih dari 5 inci dengan rasio 18:9.

Beralih ke bagian resolusi. Luas layar itu penting, tapi akan sia-sia kalau resolusi yang diusung masih HD. Bukan berarti layar beresolusi HD itu kurang baik atau jelek, namun alangkah baiknya ponsel yang Gadgeteers pilih  minimal punya resolusi full HD atau lebih baik lagi QHD. Agar detail dan visual dari game yang Anda mainkan dapat tersaji dengan lebih optimal.

Kapasitas baterai

Berbeda dengan bermain game di PC / laptop atau konsol, agar dapat bermain lebih lama biasanya perangkat tersebut kita hubungkan ke arus listrik. Jika hal ini Gadgeteers bawa ke dalam ponsel yang artinya sambil bermain game sambil juga di cas maka akan mempercepat umur dari ponsel Android . Untuk itu memilih ponsel dengan kapasitas baterai besar adalah solusi yang paling tepat.  Setidaknya, pilih baterai pada kisaran 4000mAh. Gadgeteers dapat bermain game dengan waktu yang cukup lama, tanpa harus menghabiskan seluruh baterai ponsel .

Kapasitas media penyimpanan internal

Mengingat ukuran game ponsel sekarang sudah semakin besar karena banyak mendukung fitur, maka ketersedian media penyimpanan internal pun sangat penting. dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar maka Gadgeteers dapat menyimpan data game pada memori internal. Sehingga saat load game akan semakin mudah dan cepat. 

Fitur pendukung gaming

Pastinya Gadgeteers tidak ingin saat sedang asyik bermain game tiba-tiba terputus karena ada telpon atau sms masuk. untuk itu beberapa produsen ponsel sudah menyematkan fitur gaming mode, yang mana saat fitur ini aktif maka telpon, SMS atau chat dari sosial media pun tidak akan mengganggu.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri