Beranda Tips

Tips Menghemat Kuota Internet Saat Mudik

0
0

Sekarang ini salah satu cara untuk menghabiskan waktu di saat berjibaku dengan kemacetan kala mudik adalah dengan bermain smartphone ataupun tablet. Nah, bermain di sini tidak selalu bermain game tapi bisa juga browsing ria ke dunia maya.

Berselancar di internet memang bisa menghabiskan waktu dengan cepat, sambil membuka channel Youtube misalnya, atau sekedar membaca berita maupun manga saja sudah cukup bisa membunuh waktu dan tanpa terasa kemacetan pun lewat.

Pastinya kegiatan tersebut akan menghabiskan banyak kuota, oleh karena itu di bawah ini merupakan tips ringan agar Gadgeteers tidak cepat kehabisan kuota karena terlalu asik berselancar di internet :

Persiapkan Segalanya Dengan Seksama

video on demand
stvcommercial.tv

Persiapkan data yang menarik. Nah, data-data yang menarik di sini adalah seperti lagu, film, ebook dan lain sebagainya. Sehingga ketika kelak Gadgeteers terjebak dalam kemacetan dan ingin menghabiskan waktu, tidak harus susah-susah lagi mencari ke internet. Tentunya hal tersebut akan menghemat kuota sangat banyak. Usahakan data tersebut disimpan dengan rapih dalam smartphone sehingga kita bisa memainkannya kapanpun dalam perjalanan.

Gunakan Fitur Cache atau Offline Mode

youtube_offline_mode
theyoutubebuzz.com

Walaupun fitur ini tidak tersedia untuk semua jenis aplikasi selancar internet, namun fitur ini mendukung di aplikasi Youtube. Dengan mode offline ini Gadgeteers akan dapat memainkan video yang sudah ditonton tanpa harus buffering lagi, yang artinya walaupun tanpa menggunakan koneksi internet kita masih tetap bisa menonton Youtube, sehingga dengan begitu kuota internet kita pun menjadi hemat. Selain Youtube, aplikasi yang mendukung fitur tersebut adalah Guvera Music namun untuk menggunakannya Gadgeteers harus menjadi premium member terlebih dahulu.

Matikan GPS dan Location

gps
safetracer.com

Selain menghemat baterai, dengan kita mematikan fitur GPS pada ponsel juga ternyata dapat menghemat kuota loh! Aplikasi seperti Waze merupakan aplikasi yang membutuhkan fitur GPS dan location. Dengan bantuan kedua fitur tersebut koneksi data terus masuk ke server Waze, sehingga kuota pun akan terus tersedot. Usahakan selain mematikan fitur GPS, gunakan juga aplikasi seperti Waze secara bijak, bila sedang dalam kemacetan yang sangat parah lebih baik matikan dahulu saja.

Topik Hot Lainnya:   Ini Alasan Mengapa Ponsel Android Tidak Perlu Di-root Lagi

Manfaatkan Fitur Mode Cepat

opera

Yang terakhir adalah gunakan fitur mode cepat dalam aplikasi browser Gadgeteers. Hal ini dilakukan bila memang keadaan sangat terdesak untuk membuka dan berselancar di internet. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk berselancar di internet dengan cepat sehingga ponsel kita tidak harus bekerja dua kali untuk meng-refresh halaman web yang sedang dibuka, bila bekerja dua kali maka kuota pun akan terkuras dua kali kan? Nah, aplikasi browser yang terdapat fitur mode cepat ini salah satunya adalah Opera Mini.

via Techno.okezone.com (dengan perubahan dan tambahan)
featured image via escampurgadogado.blogspot.com
diedit oleh Winarso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 17 =