Beranda Tips

Tips Penting Saat Membeli Hard Disk Eksternal

7
0

Saat Gadgeteers perlu membeli eksternal atau hard disk eksternal, tapi ada begitu banyak informasi di luar sana yang justru bikin kewalahan. Di sinilah @GadgetGaul punya tips untuk mempermudah tugas Gadgeteers dalam membeli hard disk eksternal yang benar dan tepat guna.

Jenis Hard Drive

Ada dua jenis hard disk eksternal. Desktop drive, mempunyai ukuran rata-rata 3,5 inci dan memerlukan adaptor daya. Mereka dirancang untuk tinggal di satu tempat, biasanya di meja rumah atau kantor. Kedua, drive kelas Notebook alias saku atau portable hard drive biasanya mempunyai ukuran 2,5 inci didukung melalui kabel konektor.

tips membeli hard disk eksternal

Input

Hard disk eksternal terhubung ke PC melalui kabel eksternal. Umumnya port  USB 2.0 / 3.0 tersedia di hampir semua perangkat PC, sementara opsi lainnya seperti FireWire (400 dan 800), SATA eksternal (eSATA), atau konektor yang lebih baru seperti USB tipe C atau Thunderbolt 3 .

USB 3.0 memberikan kecepatan transfer cepat dan jarang rewel, karena hampir semua desktop dan laptop PC lahir dengan port USB. USB tipe C adalah standar yang lebih baru, didukung konektor USB-C, tetapi masih jarang ditemukan di hard disk eksternal. Ia memiliki kecepatan teoritis sama dengan Thunderbolt (10Gbps).

interface-speed-comparison

Kecepatan Drive

7.200drive inheren di atas kertas memang lebih cepat daripada 5.400 rpm drive, tapi kenyataannya tidak selalu begitu. Jawaban yang benar akan tergantung pada beberapa faktor.

Jika Gadgeteers mentransfer banyak file melalui antarmuka cepat seperti eSATA (cepat), USB 3.0 / USB-C (lebih cepat), atau Thunderbolt (tercepat), maka pilihan jatuh pada drive 7.200. Tetapi jika Gadgeteers terbatas pada USB 2.0 atau FireWire 400/800, maka saya akan menyarankan Gadgeteers memilih drive dengan kecepatan 5.400.

Topik Hot Lainnya:   Laptop Core i3 dengan Spesifikasi Terbaik 2019 Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

USB 2.0 dan FireWire 800 adalah antarmuka yang lebih kuno yang bekerja sangat baik di drive dengan kecepatan 5.400.

via pcworld.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 7 =