Sejak tahun 2015 lalu YouTube menghadirkan platform video khusus untuk anak – anak dibawah usia 12 tahun yaitu YouTube Kids. Dimana YouTube Kids ini menyajikan video -video yang ramah untuk anak. Selain itu aplikasi YouTube Kids juga mendapat pengawasan penuh oleh orang tua.Namun ternyata ada beberapa video yang kurang layak untuk jadi tontonan anak-anak. Sebagai orang tua kita dapat melaporkan kepada YouTube atas temuan video yang tidak layak itu. bagaimana cara melaporkannya? berikut ini tutorial singkat cara report video yang kurang layak di YouTube Kids.

Langkah – Langkah Melaporkan Video di YouTube Kids

  • Langkah pertama silahkan Gadgeteers buka aplikasi YouTube Kids di smartphone. Lalu cari video mana yang menurut Gadgeteers kurang pantas dan perlu dilaporkan.
  • Setelah menemukan video yang kurang layak tonton , selanjutnya Gadgeteers putar video tersebut, tap pada layar dan akan muncul ikon tiga titik di sudut kanan atas.

  • Kemudian akan muncul beberapa opsi yaitu nonaktifkan, laporkan dan blokir.. Gadgeteers pilih saja opsi “Laporkan”.

  • Tahap selanjutnya akan muncul halaman kecil seperti gambar di bawah. Gadgeteers bisa pilih yang mana saja . Disini saya pilih visual yang tidak pantas.

  • Centang laporan “visual yang tidak pantas” maka akan muncul halaman konfirmasi terima kasih telah melaporkan video.
  • Sampai disini proses pelaporan sudah selesai.

Dengan melaporkan video tadi, video akan di review ulang oleh tim youtube dan akan dipertimbang untuk tidak dimunculkan lagi. Fitur ini sebenarnya lebih kepada kontribusi kita sebagai pengguna dan orang tua dalam menjaga anak kita serta anak-anak lainnya di seluruh dunia (yang diberi aplikasi ini) dari tontonan yang tidak sesuai.

Jika ingin video tadi benar-benar tidak muncul di aplikasi YouTube Kids , sebaiknya setelah langkah 7 tadi dilanjutkan dengan “memblokir” videonya.

Demikian tutorial singkat bagaimana cara melaporkan video yang tidak pantas di YouTube Kids. semoga berguna untuk para orang tua. Selamat mencoba !

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri