Beranda Berita

Tokopedia, Bukalapak, dan JD.id Sempat Down, ini Alasannya

10
0

Di awal bulan Maret kemarin, tiga market place Indonesia yakni Tokopedia, Bukalapak, dan JD.id mengalami down selama beberapa jam dalam kurun waktu cukup lama. Hal tersebut tentunya membuat para penggunanya pun gelisah dan kecewa. Lantas, apa yang terjadi dengan ketiga market place tersebut?

Faktanya adalah, ketiga situs e-commerce tersebut ternyata menggunakan data center yang dikelola oleh Biznet. Oleh karena itu, ketiganya mengalami gangguan secara bersamaan.

Bukalapakokezone.com

Tidak ingin penggunanya kecewa berkelanjutan. Ketiga e-commerce tersebut pun langung bergerak cepat menanganinya dan memberikan keterangan resmi tentang apa yang terjadi. Ibrahim Arief, selaku VP of Engineering dari Bukalapak pun memohon maaf atas down-nya sistem di Bukalapak. Pernyataan tersebut langsung diikuti oleh sang CEO Bukalapak, Ahmad Zaky. Ia mengatakan bahwa alasan mengapa sistem Bukalapak dapat mengalami down dikarenakan masalah listrik yang terjadi di data center Bukalapak yang dikelola oleh Biznet.

Tokopediakompas.com

Hal serupa pun dilakukan oleh Tokopedia dan juga JD.id. Dari Tokopedia William Tanuwijaya, selaku pendiri dan CEO Tokopedia mengatakan bahwa partner mitra data center Tokopedia di Indonesia sedang mengalami gangguan. Sementara itu Head of Corporate Communications JD.id, Teddy Arifianto menjelaskan bahwa telah terjadi pemadaman dari co-location di data center Biznet yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi penggunanya selama kurang lebih 5 jam.

Tentunya, upaya yang dilakukan oleh ketiga e-commerce tersebut untuk tetap mengayomi penggunanya nampaknya telah berhasil, pasalnya situs ketiga market place tersebut sudah dapat diakses kembali. Belum ada kelanjutan yang pasti antara hubungan ketiga e-commerce tersebut dengan pengelola data center Biznet. Namun satu hal yang pasti, kejadian ini tidak ada kaitannya dengan keamanan. Keamanan para pengguna bias dipastikan aman, ungkap Ibrahim Arief selaku VP of Engineering dari Bukalapak.

Topik Hot Lainnya:   Oppo A71 Disibak, Hadirkan Spesifikasi Kelas Menengah dan Desain Cantik

via Detik.com
featured image via detik Inet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 5 =