Untuk sebagian Orang bermain game di ponsel Android dengan tombol virtual itu agak sedikit kurang nyaman. sehingga memutuskan untuk menggunakan controller atau yang sering disebut Gamepad.Dengan gamepad  ini maka kita dapat mengontrol pergerakan game dengan menekan tombol – tombol yang ada pada gamepad atau controller tersebut. 

Cara menghubungkan controller ke ponsel Android sangat lah mudah, bahkan ada beberapa controller game konsol yang dapat digunakan di ponsel Android salah satunya controller PlayStation 4. Berikut cara menghubungkannya dan menggunakannya.

Menghubungkan controller PlayStation 4

Sama seperti controller yang memiliki  fitur bluetooth, controller PlayStation 4 ini juga bisa Gadgeteers sambungkan ke ponsel Android  dengan cara pairing perangkat. Syaratnya hanya satu, kedua perangkat sudah aktif fitur bluetoothnya.

Cara untuk menyalakan pairing di controller PS4  yaitu dengan menekan lama tombol PlayStation dan Share secara bersamaan hingga lampu berwarna biru menyala di bagian atas kontroler. Setelah itu Gadgeteers tinggal melakukan proses pairing dan bisa langsung Gadgeteers gunakan untuk bermain game.

Selain controller PS4 masih ada lagi controller game konsol yang dapat Gadgeteers gunakan untuk bermain game di ponsel Android.

Menggunakan Controller USB

Jika Gadgeteers masih menggunakan controller game yang menggunakan kabel dengan konektor USB, maka controller ini bisa Gadgeteers gunakan dengan syarat Gadgeteers harus menggunakan perangkat tambahan yaitu USB OTG.

Memang controller ini tidak praktis, seperti Controller yang sudah mendukung fitur bluetooth, tetapi dengan harganya yang cukup terjangkau maka controller tipe ini layak menjadi pilihan.

Menggunakan Controller Xbox One

Controller game konsol selanjutnya yang bisa Gadgeteer hubungkan ke ponsel Android untuk bermain game adalah Controller Xbox One. Dari kebanyakan controller game baik konsol maupun PC controller Xbox One adalah controller paling favorit untuk para gamer. apalagi kemampuanya untuk terhubung ke  ponsel Android tidak perlu diragukan lagi.

Untuk menyambungkannya pun cukup mudah dan sama sepert controller bluetooth. Namun, Gadgeteers harus mengatur controller Xbox One Gadgeteers terlebih dahulu. Pastikan bahwa controller Gadgeteers tidak sedang terhubung dengan konsol Xbox One, Gadgeteers tidak dapat menghubungkan ponsel ke controller  jika controller masih dalam keadaan terhubung dengan konsol.

Untuk mulai menghubungkan, Gadgeteers nyalakan bluetooth di ponsel  Gadgeteers dan pastikan berada dalam keadaan terlihat. Lalu, tahan tombol Sync yang ada pada kontroler Xbox One Gadgeteers. Biarkan ponsel Gadgeteers  mendeteksi controller dan tinggal Gadgeteers lakukan proses pairing. Harus Gadgeteers ketahui, hanya controller Xbox One terbaru yang memiliki fitur bluetooth. jadi pastikan juga controller Xbox One yang Gadgeteers punya sudah mendukung bluetooth.

Menggunakan Controller Nintendo Switch Joy-Con

Jika ketiga control yang disebutkan diatas tadi sudah tergolong lama, maka controller game yang satu ini bisa dibilang pendatang baru, apalagi kalau bukan controller Nintendo Switch Joy-Con. Controller yang sejatinya untuk mengontrol konsol mobile dari Nintendo ini bisa juga Gadgeteers gunakan untuk mengontrol game di ponsel Android. 

Gadgeteers dapat menggunakan kedua Joy-Con ataupun salah satunya. Untuk mengatur Joy-Con Gadgeteers agar bisa pairing, tekan tombol Sync di sisi kontroler hingga lampu LED berkedip. Setelah itu, Gadgeteers bisa melakukan pairing di ponsel Android.

Selain itu, Gadgeteers juga bisa menyambungkan Joy-Con ke ponsel Android menggunakan adapter ditambah dengan USB OTG.Adapter yang bisa Gadgeteers gunakan adalah Mayflash Magic NS, aksesoris ini bisa Gadgeteers temukan di toko online dengan harga 450 ribuan rupiah.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri