Beranda Tips

Tutorial Lengkap Cara Backup dan Restore Windows dengan Mini Tools ShadowMaker

160
0

Saat terjadi masalah pada Windows seperti error atau gagal melakukan booting, biasanya hal yang paling pertama kita lakukan adalah melakukan instal ulang Windows. Untuk sebagian orang termasuk saya, menginstal ulang Windows artinya kita juga harus menginstal kembali semua software dan setting yang sebelumnya sudah di atur sebelum Windows error.

Hal ini tidak praktis, mau tahu cara backup dan restore Windows yang praktis? Oke pada artikel ini saya akan bagikan cara backup dan restore Windows dengan software Mini Tools shadowmaker. 

Sebelum masuk ke tutorial, Gadgeteers harus menyiapkan flashdisk dan jangan lupa download software mini tools shadowmaker di situs resminya  Jika sudah sekarang kita masuk kepada langkah-langkahnya .

Buat WinPE pada flashdrive

Setelah proses download dan menginstal software mini tools shadowmaker, Gadgeteers harus membuat WinPE ( Windows Preinstallation Environment). Sebenarnya fitur WinPE ini hanya bisa di jumpai pada versi Pro, tetapi Gadgeteers bisa menggunakan fitur ini dalam versi free selama 30 hari. 

  • Jalankan software mini tools shadowmaker. 
  • Masuk ke menu tools pilih media Builder. 

  • Kemudian klik WinPE-based media with MiniTool plugin. 

  • Selanjutnya pilih flashdrive, akan muncul kotak dialog pilih saja Yes, maka mini tools shadowmaker akan membuatkan WinPE secara otomatis. Pada proses ini pastikan pc atau laptop Gadgeteers terhubung dengan Internet..

Membuat file backup Windows

Untuk melakukan backup file Windows, Gadgeteers bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Jalankan mini tools shadowmaker, masuk ke menu backup. 
  • Pada bagian Source pilih Disk and Partitions. 

  • Lalu pilih Disk System, dan Centang semua Partisi dalam Disk tersebut. Atau bisa juga pilih partisi C saja. 
  • Pilih Folder Destinasi untuk File Backup nanti, dan Klik Backup Now untuk mulai melakukan Backup.

Untuk file backup usahakan tersimpan pada hardisk external atau flashdrive yang berbeda dengan flashdrive pada tahap pertama tadi. Tetapi jika tidak ada, Gadgeteers bisa pilih partisi data untuk menyimpan file backup. 

Cara Restore Windows 

Jika file backup sudah siap lalu WinPE sudah disiapkan di dalam Flashdrive, maka selanjutnya, Gadgeteers tinggal hubungkan perangkat Flashdrive tadi ke PC atau laptop Windows yang ingin di restore. 

Masuk ke menu BIOS dan Set Boot Prioritynya dari Windows Boot Manager menjadi Flashdrive tadi.

Selanjutnya lakukan Booting, maka akan masuk ke WinPE yang dibuat sebelumnya. Pada langkah ini akan muncul hitung mundur dimana otomatis akan masuk ke menu utama WinPE

Selanjutnya kita akan diarahkan ke tampilan utama yang tampilannya mirip dengan MiniTool ShadowMaker via Windows. 

Pilih menu Restore, lalu  pilih file Backup yang telah  buat sebelumnya.

Lalu klik Restore, dan pilih partisi yang ingin kita restore. Pastikan MBR dan Track 0 di centang, karena sangat penting untuk proses restore, jika tidak, nanti tidak akan bisa boot.

Klik Next, dan akan muncul pilihan partisi mana yang akan ditimpa atau yang akan kita restore. 

Jika sudah yakin dengan Partisi yang  akan kita restore, selanjutnya klik Next, dan proses restorasi akan berjalan. Kecepatan tergantung dari media apa yang Gadgeteers gunakan.

Setelah proses restore selesai klik Finish, dan reboot kembali PC atau laptop Gadgeteers, jika proses restore sudah sesuai maka Windows pun akan kembali seperti semula sebelum terjadi error. Untuk itu pastikan selalu melakukan backup setiap ada penambahan software atau update.

WN

Topik Hot Lainnya:   Cara Menghapus Akun Email di iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 3 =