Beranda Tips

Tutorial Lengkap Cara Ganti Password WiFi

391
0

Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan koneksi WiFi di rumah atau kantor sebaiknya dilakukan pergantian password WiFi secara berkala. Namun untuk sebagian pengguna tidak mengetahui bagaimana cara mengganti password WiFi.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, akan saya berikan beberapa cara mengganti password WiFi sesuai dengan modem yang sedang Gadgeteers gunakan saat ini. Pada tutorial ini kita gunakan koneksi internet dari Indihome, yang biasanya menggunakan beberapa tipe modem seperti ZTE, Huawei TP Link.

Sebelum Gadgeteers mengganti password WiFi pastikan terlebih dahulu WiFi yang terhubung sudah sesuai, jika tidak maka proses penggantian password tidak akan bisa dilakukan.

Cara ganti password WiFi modem ZTE F609

Tipe modem pertama yang biasa digunakan adalah modem ZTE seri F609. Adapun langkah – langkah mengganti password WiFinya sebagai berikut :

Langkah pertama buka browser di PC lalu masukkan IP Address modem ZTE F609. Biasa IP nya 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Jika bingung, lihat dibagian bawah modem ada tertera IP modem tersebut.

Selanjutnya masukkan username dan juga password. Jika kita belum pernah mengubah masukkan username dan juga password dengan “user” atau “admin“ tanpa tanda petik dan semua huruf kecil. Namun jika sudah pernah Gadgeteers ganti maka silahkan masukkan password yang telah Gadgeteers buat.

Setelah berhasil masuk, pilih menu Network. Setelah itu pilih pada opsi WLAN dan kemudian pilih tab Security.

Untuk mengubah password. Ketikkan password baru pada kolom WPA Passphrase. Setelah itu simpan dengan cara klik tombol Submit.

Lalu apabila kita ingin mengganti nama dari WiFi tersebut pilih menu SSID Settings. Kemudian ganti nama SSID pada kolom SSID Name.

Cara ganti password modem Tp-Link seri TD-W8961N

Selain modem ZTE F609, Indihome juga menggunakan modem dari TP-Link seri TD-W8961N. Berikut langkah – langkah mengganti passwordnya :

  • Sama seperti cara yang pertama tadi, yang harus Gadgeteers lakukan adalah buka browser lalu ketikan alamat ip 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. jika kedua ip tidak bisa, coba cek bagian bawah modem disana ada informasi tentang ip address berserta user dan password.
  • Setelah itu akan muncul pop up window dimana kita diharuskan untuk memasukkan User ID dan juga Password. Jika kita belum pernah mengubahnya maka isi kolom username dengan “admin” dan kolom password dengan “admin” juga. Setelah itu klik Login.
  • Setelah kita berhasil login dan masuk ke tampilan pengaturan modem TP-Link. Selanjutnya klik tab Interface Setup. Kemudian pilih opsi Wireless.
  • Setelah terbuka geser ke bawah hingga kita menemukan WPA2-PSK. Isi atau ganti kolom Pre-Shared-Key dengan password yang baru. Password tersebut akan menjadi password baru WiFi kita.
  • Untuk mengganti nama jaringan WiFi. Ganti atau isi kolom SSID dengan nama yang kita inginkan. Nama tersebutlah yang akan menjadi nama jaringan WiFi baru di rumah kita.
  • Setelah selesai kemudian Save pengaturan tersebut.
Topik Hot Lainnya:   Begini Cara Mudah Repost Postingan di Instagram

Cara ganti password WiFi Huawei seri HG8245A

Terakhir merek modem yang biasa digunakan Indihome adalah Huawei dengan seri HG8245A. Untuk mengganti password modem ini adalah sebagai berikut :

  • Sebelum mengganti password WiFi, pastikan PC sudah terhubung ke jaringan internet Indihome lalu buka browser dan masukkan ip address 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. Jika kedua IP tetap tidak bisa membuka tampilan pengaturan modem, Gadgeteers bisa mencoba memasukkan 192.168.0.1.
  • Lihat terlebih dahulu IP Address modem tersebut yang biasanya terdapat pada bagian bawah atau belakang modem Huawei. Modem Huawei biasanya memiliki IP Address 192.168.1.254.
  • Selanjutnya masukkan username dan juga password. Jika kita belum pernah mengubahnya maka isi username dengan “admin” lalu password juga dengan “admin“. Jika kita pernah mengubahnya maka masukkan Username dan juga Password sesuai dengan yang telah kita ubah.
  • Setelah berhasil masuk ke menu pengaturan modem Huawei. Pilih opsi WLAN.
  • Setelah itu masukkan password baru WiFi kita pada kolom WPA pre-shared-key.cara ganti password wifi Indihome huawei
    Jika kita ingin mengubah nama dari WiFi tersebut. Masukkan nama WiFi yang baru pada kolom SSID.
  • Setelah itu simpan pengaturan tersebut dengan cara klik tombol Submit.
    Kemudian koneksikan ulang semua perangkat dengan menggunakan password baru.

Lalu bagaimana jika modem yang Gadgeteers gunakan tidak menggunakan merek dan tipe yang sudah disebutkan diatas. Jika ternyata Gadgeteers tidak menggunakan ketiga modem tersebut maka bisa mengikuti cara berikut ini.karena secara umum untuk mengganti password WiFi tidak jauh berbeda.

Cara mengganti password WiFi menggunakan PC

  • Buka browser dan ketikkan alamat ip address 192.168.1.1 di kolom address bar atau bisa dilihat di bagian bawah modem yang digunakan.
  • Langkah berikutnya, Gadgeteers diminta untuk memasukkan username dan password untuk bisa mengakses dan mengganti password WiFi. Bila ini kali pertamamu mengganti password, maka ketikkan admin pada kolom username serta kolom pilihan password.
  • Perhatikan penulisannya dengan benar. Ketikkan user tanpa huruf kapital sebagai awalan. Jangan lupa klik login.
  • Setelah Gadgeteers berhasil login, cari menu pilihan Network di bagian kiri layar interface.
    Kalau Gadgeteers sudah klik pilihan Network, akan muncul pilihan WLAN, LAN, dan Port Locating. Gadgeteers pilih WLAN, kemudian klik pilihan Security.
  • Fokuskan perhatian pada sisi sebelah kanan setelah Gadgeteers klik pilihan Security. Di sana akan muncul beberapa kolom-kolom dengan beberapa keterangan. Temukan di dalam kolom tersebut tulisan WPA Passphrase.
  • Di sebelah pilihan WPA Passphrase, ada kolom tempat Gadgeteers bisa mengganti password WiFi, Ketikkan password yang Gadgeteers inginkan sebagai ganti kata sandi yang lama.
  • Ketentuan password WiFi adalah terdiri dari 8-63 karakter. Agar kata sandi WiFi-mu lebih kuat, kombinasikan angka, huruf kapital, dan huruf kecil.
  • Kalau sudah yakin dengan password yang baru, klik tombol Submit yang ada di bagian bawah kanan interface.
Topik Hot Lainnya:   Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android

Kini Gadgeteers telah sukses melakukan rangkaian cara mengganti password WiFi melalui PC.

Cara mengganti password WiFi menggunakan HP

Selain menggunakan PC, Gadgeteers juga bisa mengganti password WiFi melalui smartphone. Caranya sama persis dengan Gadgeteers menggunakan PC.

  • Langkah pertama Gadgeteers harus akses 192.168.1.1 melalui browser yang Gadgeteers miliki di HP.
  • Kemudian Gadgeteers akan datang di laman muka utama untuk memasukkan username dan password.
  • Ketikkan admin pada kolom isian di samping username dan password.
  • Pilih menu Network, lalu WLAN, kemudian Security pada sisi kanan interface atau sisi kirimu.
  • Setelah ketemu, maka akan muncul beberapa kolom dengan berbagai informasi di sisi sebelahnya.
  • Untuk mengganti password, cari kolom yang bertuliskan WPA Passphrase.
  • Masukkan kata sandi yang Gadgeteers inginkan sebagai ganti password yang lama.
  • Kalau sudah yakin dengan password yang baru, klik tombol Submit yang ada di bagian bawah kanan interface.

Itulah beberapa cara untuk mengubah password WiFi pada jaringan internet Indihome. Meskipun Gadgeteers menggunakan provider yang berbeda caranya tidak jauh berbeda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + fourteen =