Beranda Tips

Tutorial Lengkap Cara Live Streaming YouTube di PC dan HP

7
0

YouTube sebagai platform berbagi video paling populer sekarang,selain digunakan untuk mengupload video, juga sering dijadikan media untuk melakukan video live streaming. Nah bagi Gadgeteers yang juga ingin melakukan live streaming di YouTube baik menggunakan PC atau smartphone di tutorial ini akan kita bahas langkah – langkah melakukan live streaming di YouTube.

Syarat Untuk Live Streaming

Sebelum Gadgeteers melakukan live streaming di YouTube pastikan terlebih dahulu jika channel YouTube Gadgeteers sudah terverifikasi. JIka belum maka bisa Gadgeteers ikuti langkah – langkah berikut ini.

Syarat yang pertama untuk bisa melakukan live streaming di YouTube adalah memiliki channel YouTube yang sudah terverifikasi . Caranya verifikasinya sangat , Gadgeteers cukup  membuka halaman http://www.youtube.com/verify Jika belum login maka Gadgeteersharus login ke YouTube lalu masukan nomor ponsel yang bisa dihubungi untuk menerima sms atau telepon berisi kode verifikasi .

Syarat yang kedua adalah mengaktifkan fitur Live streaming pada halaman https://www.youtube.com/features . Dan pastikan Gadgeteers melihat status channel Gadgeteers Partner Verified .Selanjutnya  juga jangan lupa fitur Live Streaming harus berada pada kondisi Enabled .

Cara live streaming YouTube di PC

Setelah proses verifikasi selesai dan fitur streaming sudah di posisi enable, sekarang kita masuk ke persiapan live streaming. Sebelumnya siapkan dahulu webcam jika Gadgeteers menggunakan PC desktop.

Langkah  pertama silahkan buka halaman YouTube

Langkah berikutnya  buka menu di sebelah kanan atas yang menunjukkan logo atau ikon akun Gadgeteers dan klik Channel saya.

Selanjutnya Gadgeteers akan diarahkan pada halaman profil akun, kemudian silahkan klik  tombol Youtube Studio

Kemudian Gadgeteers akan masuk kehalaman dashboar profile channel Pada halaman ini Gadgeteers dapat melakukan berbagai macam editing dan kelola video, salah satunya melakukan live streaming. Untuk melakukan live streaming, klik tombol buat lalu pilih menu Mulai Live Streaming yang ada di bagian atas layar.

Selanjutnya YouTube akan membawa Gadgeteers ke halaman editor YouTube, di halaman ini Gadgeteers bisa melakukan pengaturan webcam. Silahkan isikan field pertama dengan judul live streaming Gadgeteers. Pada field kedua, silahkan pilih privasi video, apakan live streaming ini nantinya akan dapat dilihat dan disaksikan oleh semua orang, orang-orang tertentu atau hanya Gadgeteers sendiri.

Berikutnya klik field di bawahnya jika Gadgeteers ingin menayangkan streaming ini di waktu yang akan datang. Jangan lupa untuk menentukan waktu penayangannya. Setelah selesai melakukan konfigurasi ini silahkan klik Berikutnya.

Topik Hot Lainnya:   Cara Root dan Instal Custom Recovery TWRP di Xiaomi Mi 4c

Kemudian Gadgeteers akan kembali dihadapkan dengan kotak pop up berikutnya. Kali ini Gadgeteers diminta untuk menentukan thumbnail dari video live streaming. Gadgeteers dapat memasang foto diri Gadgeteers sendiri maupun menampilkan foto lainnya. Untuk menampilkan foto lainnya, silahkan klik Upload Thumbnail Kustom.

Tahapan selanjutnya akan muncul jendela browse. silahkan pilihgambar yang ingin Gadgeteers tampilkan sebagai thumbnail video live streaming youtube. Setelah dipilih, silahkan klik Open.

Setelah semua terisi  Gadgeteers akan diarahkan ke halaman sebelumnya. Untuk melakukan live streaming, silahkan klik Go Live.

Dan sekarang Gadgeteers  pada halaman live streaming. Hal ini ditandai dengan notifikasi tulisan “Gadgeteers sedang live!” silahkan lakukan live streaming yang bermanfaat bagi penonton Gadgeteers. Jika Gadgeteers ingin mengakhiri siaran live stream YouTube Gadgeteers, silahkan klik tombol “Akhiri Streaming”

Akan keluar kotak notifikasi yang menanyakan apakah Gadgeteers yakin ingin mengakhiri streaming. Jika ya, silahkan klik Akhiri.

Video hasil ive streaming akan muncul di tab Kelola, pada tab ini Gadgeteers bisa memilih apakah video rekaman live streaning ingin dimunculkan di halaman beranda channel YouTube Gadgeteers atau tidak.

Streaming YouTube dangan bantuan aplikasi OBS

Terkadang disaat live streaming Gadgeteers tidak hanya ingin memperlihatkan wajah tetapi juga ingin memperlihatkan tampilan layar PC terutama bagi Gadgeteers yang melalkukan live streaming YouTube untuk kebutuhan meeting online atau untuk kelas online.

Untuk melakukan hal tersebut Gadgeterrs butuh tambahan aplikasi yang bernama Open Broadcaster Software (OBS). Aplikasi ini bisa Gadgeteers download secara gratis di situs resminya obsproject.com. Selanjutnya setelah menginstal OB di PC, Gadgeteers butuh menghubungkan OBS ke akun YouTube dengan menghubungkan stream key. Untuk memperoleh streaming key YouTube, Gadgeteers bisa melakukan langkah yang sama pada saat menggunakan webcam, yang berbeda hanya pada pilihan tab steaming.

Pilih tab Streaming lalu isikan semua  field yang ada kemudian klik tombol buat streaming

Akan muncul sebuah pop up yang berisikan streaming key, salin kode tersebut dan letakkan di menu setting pada aplikasi OBS.

Sekarang Gadgeteers sudah siap untuk melakukan live streaming Youtube dengan OBS dan bisa melakukan berbagi layar desktop ke penonton.

Cara live streaming YouTube dengan streamyard.com

Live streaming Youtube bisa juga Gadgeteers lakukan dengan memanfaatkan tools online. Ada banyak tools online yang bisa Gadgeteers gunakan,  namun di tutorial ini saya akan menggunakan tools online dari streamyard.com.

Pertama buka web streamyard.com

Selanjutnya masukkan alamat email aktif Gadgeteers dan kilik tombol Get starting

streamyard.com akan mengirimkan kode 6 digit ke alamat email, masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia lalu klik login.

Topik Hot Lainnya:   Hangouts on Air Ditutup, Pengguna Diminta Pindah ke Youtube Live

Pada halaman dashboard, klik tombol boardcast lalu klik tombol add a destinations.

Akan muncul banyak pilihan untuk Gadgeteers menyiarkan live streaming, karena kita akan live streaming di YouTube maka pilh YouTube.

Maka Gadgeteers akan diminta untuk login ke akun YouTube, jika muncul permintaan izin dari streamyard klik saja izinkan.

Setelah memberikan izin, Gadgeteers akan diminta untuk mengisi judul streaming, deskripsi dan privasi. Di tahap ini kita juga menjadwalkan kapan live streaming YouTube akan dilakukan dengan mencentang kotak schedule for leater. Namun kalau ingin melakukannya sekarang maka tidak perlu di centang kotak tersebut.

Setelah semua kolom di isi selanjutnya klik tombol create broadcast

Untuk memulai live streaming, klik tombol enter broadcast studio, maka akan muncul halaman baru dimana Gadgeteers bisa mengatur kembali nama tampilan, kamera, mic serta grean screen. setelah semua di atur maka klik lagi tombol  enter broadcast studio.

Tahap  terakhir  akan muncul halaman editor studio, klik tombol  Go Live untuk memulai streaming

Untuk mengakhiri live streaming klik tombol end broadcast

Cara Live Streaming YouTube dari Ponsel

Selain menggunakan PC untuk melakukan live streaming di YouTube, Gadgeteers juga bisa melakukannya dengan memakai smartphone melalui aplikasi YouTube. Pada tutorial ini saya menggunakan smartphone Android.

  • Langkah pertama buka aplikasi YouTube pada ponsel Android Gadgeteers
    Selanjutnya tap ikon kamera di sudut kanan atas layar yang juga bisa berfungsi untuk tombol upload video
  • Kemudian Gadgeteers akan dihadapi oleh dua pilihan menu yaitu Record dan Go Live untuk masuk ke mode live stream.
  • Pilih menu Allow Access untuk mengizinkan akses YouTube terhadap ponsel.
  • Setelah muncul pesan, maka Gadgeteers dapat memilih tombol Turn On.
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti judul video, disiarkan secara Public atau Private, deskripsi, tag, ketersediaan chat, dan lokasi live streaming.
  • Apabila sudah diatur, maka Gadgeteers tinggal tekan tombol Next dan akan muncul pilihan mengenai orientasi yang akan digunakan baik itu portrait atau landscape.
  • Live Streaming akan langsung dimulai setelah Gadgeteers memilih orientasi.
  • Apabila Gadgeteers ingin berhenti melakukan Live Streaming YouTube maka dapat langsung memilih tombol close yang berlambang silang pada bagian kanan atas.

Sebagai catatan untuk dapat melakukan live streaming YouTube menggunkan aplikasi YouTube di ponsel, channel Gadgeteers harus memiliki mnimal 1.000 subscriber. jika belum menuhi syarat tersebut maka Gadgeteers tidak bisa melakukan live streaming di ponsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 20 =