Beranda Tips

Tutorial Lengkap Cara Membatasi dan Memblokir Pengguna Hotspot di Android

2688
0

Fitur tethering WiFi pada perangkat Android memang sangat membantu penggunanya saat ingin berbagi koneksi internet ke perangkat lainnya. Tetapi terkadang kita ingin jika tethering WiFi tersebut hanya dapat diakses oleh perangkat tertentu saja yang kita izinkan. Bagaimana cara membatasi dan memblokir pengguna hotspot di Android berikut tutorial lengkapnya.

Pada tutorial ini perangkat yang digunakan adalah Xiaomi Redmi 5A, akan terjadi beberapa perbedaan lokasi menu untuk perangkat yang berbeda. Oke sekarang kita masuk ke langkah-langkah membatasi pengguna hotspot di Android

Langkah pertama masuk ke Settings, kemudian pilih opsi  Personal Hotspot. kemudian  pilih opsi Connected Devices dilanjutkan dengan opsi Limit of connected devices. Selanjutnya, Gadgeteers juga dapat  memilih angka yang tertera sesuai dengan jumlah  device yang diinginkan.

Gadgeteers juga bisa membatasi jumlah pengguna hotspot dengan disable atau blokir secara manual. Berikut langkah – langkahnya

Buka menu setting pada ponsel lalu pilih More pada bagian Wireless & networks pilih Personal Hotspot. Di sana akan terlihat berapa jumlah device yang terhubung dengan hotspot Gadgeteers.

Lalu disable atau blokir device yang terhubung menggunakan hotspot dengan cara tap pada tombol hijau di sebelahnya guna memutuskan hubungan terhadap perangkat.

Selain menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh ponsel Android, Gadgeteers juga bisa membatasi pengguna hotspot mobile dengan bantuan aplikasi yang bernama Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering, aplikasi ini bisa Gadgeteers download secara gratis di Play Store.

Cara menggunakan Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering

Pertama download dan instal  aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering  seperti biasanya. Setelah itu jalankan aplikasi tersebut dan pilih menu Hotspot.

Gadgeteers akan diminta untuk mengisi nama hotspot . Kemudian tambahkan password WiFi,  pilih pada menu dropdown security lalu pilih WPA2_PSK. Hal ini berguna agar orang lain tidak  dapat masuk sembarangan ke koneksi internet Anda.

Kemudian isi jumlah data limit per MB dan pilih timer  kemudian aktifkan hotspot dengan cara tap tombol TURN ON HOTSPOT. Maka jumlah data yang digunakan akan tampil, kemudian jika waktu dan data limit sudah habis maka pengguna hotspot tidak dapat terkoneksi dengan internet lagi

Itulah beberapa cara untuk membatasi dan memblokir pengguna hotspot mobile di ponsel Android, dengan begitu maka Gadgeteers akan menghemat penggunaan kuota. Selamat mencoba !

Topik Hot Lainnya:   Tips Penting Saat Membeli Hard Disk Eksternal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + sixteen =