Suka dengan video animasi ? pernah ngebayangin gak kalau animasi yang Gadgeteers lihat hasil buatan Gadgeteers sendiri., Animasi sendiri dikelompokkan menjadi dua yaitu animasi 2D, animasi 3D. Biasanya untuk membuat sebuah animasi dibutuhkan perangkat PC atau lapttop dan software yang memiliki spesifikasi tinggi agar lebih mudah dan nyaman ketika membuatnya.

Tetapi jika Gadgeteers tidak memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi, Gadgeteers bisa gunakan ponsel Android.  Apalagi ponsel Android keluaran sekarang sudah memiliki RAM yang besar dan prosesor yang kencang. Jadi tidak ada alasan lagi untuk Gadgeteers tidak bisa membuat animasi sederhana. Pada tutorial kali ini, saya hanya akan menjelaskan cara membuat animasi 2D sederhana di Android. bagaimana langkah – langkahnya, berikut penjelasnnya.

Sebelum membuat animasi 2D Gadgeteers wajib menginstal aplikasi bernama FlipaClip yang ada di Play Store. aplikasi ini gratis dan juga ringan untuk digunakan.

Setelah aplikasi FlipaClip terpasang sekarang kita jalankan aplikasi itu, tap ikon lingkaran merah untuk membuat animasi, lalu Gadgeteers akan dihadapkan pada pengaturan animasi yang akan Gadgeteers buat, seperti latar belakang, ukuran kanvas atau kualitas video animasi yang akan dibuat, frame per detik (semakin besar nilai fps yang Gadgeteers pilih maka semakin halus gerakan animasi tapi semakin banyak pula frame yang dibutuhkan untuk menghasilkan durasi per detiknya) jika sudah melakukan pengaturan sekarang tap buat proyek.

Maka  akan muncul tampilan untuk menggambar animasi. Terdapat beberapa tools seperti penggaris, pilihan kuas, penghapus, filter, teks, copy, undo dan lain-lain.

Jika animasi dirasa sudah sesuai dengan yang Gadgeteers inginkan sekarang saatnya menyimpan hasil tersebut. Caranya tap ikon pada pojok kanan layar lalu tap Buat Film. Beri nama dan pilih format animasi kemudian  tap Buat Film dan tunggu hingga proses rendering sampai selesai.


Selain FlipaClip ada banyak aplikasi pembuatan animasi 2D di Play store tapi untuk pemula dan mudah juga untuk digunakan adalah FlipaClip. Pada kesempatan berikutnya saya akan bahas tentang cara membuat animasi 3D dengan ponsel Android. Selamat mencoba !

https://youtu.be/9RFkh_FsMg4Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri